Penguatan Self Efficacy Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Tsunami

Dedi Wahyudin

Abstract


Upaya kesiapsiagaan bencana sebaiknya perlu dilakukan guna meminimalisir dampak kerugian seperti korban jiwa maupun material dan infrasturuktur yang ditimbulkan oleh kejadian bencana, salah satunya bencana tsunami. Hidayati menjelaskan kesiapsiagaan merupakan upaya yang dapat dilakukan secara cepat dan efektif baik sebelum bencana, saat bencana dan setelah bencana (Mayzarah, 2021). Self efficacy sebagai faktor kognitif yang yang akan berpengaruh positif pada perilaku yang dihasilkan individu. Self efficacy juga memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku ketika menghadapi masalah yang dipersepsikan kurang terkontrol, seperti menghadapi bencana. egiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membangun masyarakat tangguh bencana melalui sosialisasi dan edukasi self efficacy. Kurangnya pemahaman dan pengetahuan terkait kesiapsiagaan dan penyebabnya ini mendorong dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi untuk melakukan pengabdian masyarakat di Desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi dengan melakukan penyebaran modul, pemberian kuesioner, dan edukasi. Peserta yang mengikuti sebanyak 40 orang dengan kriteria usia yang ditentukan yaitu usia 16-50 tahun dengan diberikan kuesioner mengenai kesiapsiagaan dan self efficacy.

Keywords


kesiapsiagaan, self efficacy

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 2017. Masyarakat Tangguh Bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Fauzi, A., & Hunainah, H. (2020). Menyimak Fenomena Tsunami Selat Sunda. Jurnal Geografi, 18(1), 43-62.

Giri Wiarto, 2017, Tanggap Darurat Bencana Alam, Gosyen. Jogjakarta: Publishing.

LIPI-UNESCO/ISDR. (2006). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jakarta: Deputi Pengetahuan Kebumian LIPI.

Mayzarah, E M., Batmomolin, P S M. (2021). Kesiapsiagaan Masyarakat terhadap Bencana Tsunami di Kelurahan Pasir Putih, Manokwari. Jambura Geo Education Journal Vol 2 No 1.

Mulyadi D. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial dan Self Efficacy terhadap Kesiapsiagaan Bencana Remaja Dalam Menghadapi Bencana Tsunami Di Desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi. Hasil Penelitian. Sukabumi: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi.

Naryanto, H. S. (2021) ‘Analisis Sumber Tsunami Untuk Pertimbangan Tsunami Source Analysis For The Consideration Of’, 5(1), pp. 8–18.

Nugroho, F., Yuniarno, E. M. and Hariadi, M. (2019) ‘Desain Serious Game Sosialisasi Bencana Berbasis Model Teori Aktifitas’, Jurnal Teknik Informatika, 2 (1)(c), pp. 59–66.

Raibowo, S. et al. (2021) ‘Workshop Pembuatan Bahan Ajar Kesiapsiagaan Bencana Alam Dalam Bentuk Multimedia’, 5(2), pp. 217–229.

Syarif. H., Mastura. (2015). Hubungan Self Efficacy dengan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 dan 6 Banda Aceh. Idea Nursing Journal Vol VI No 2.

Ulfa, M. (2017) ‘Hubungan antara konsep diri dan efikasi diri dengan perilaku menyontek pada siswa kelas VIII MTS se- Kecamatan Welahan kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2016/2017’, Digilib Unes, pp. 24–26.

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Pengaggulangan Bencana, (2007).

Wijaya, Y. F. et al. (2018) ‘Model Penilaian Tata Guna Lahan Dengan Citra Landsat 8 OLI Menggunakan Algoritma XGBoost Diwilayah Beresiko Tsunami (Studi Kasus : Kota Palu Sulawesi Tengah) 1,2)’.

Wuwungan, C. et al. (2021) ‘Pemodelan Perambatan Gelombang Tsunami di Laut Banda’, 10(2), pp. 55–58.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: