Optimalisasi Minat Anak Untuk Praktik Ibadah Melalui Audio Visula Di TPQ Nurul Amal Desa Pasir Angin

Alfiah Khodijah, Rika Purnamasari, Dede Supendi

Abstract


Pendidikan merupakan usaha pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan yang harus diarahkan kepada pembentukan kesadaran dan pengakuan terhadap fungsi manusia sebagai hamba Allah yaitu beribadah,   karena pada dasarnya manusia diciptakan oleh Allah adalah untuk beribadah. Namun kenyataannya masih banyak manusia diantara kita yang menyepelekan terhadap ibadah, bahkan dalam wudhunya pun tidak sempurna atau asal asalan. Bahkan masih ada anggota wudhu yang tidak tersentuh air. Padahal, apabila mereka mengetahui betapa pentingnya syariat islam tentang wudhu, meraka pasti akan menyempurnakan wudhunya. Tujuan dilaksanakannya program kerja ini yaitu untuk memberikan pembelajaran mengenai praktek wudhu dan shalat kepada anak anak TPQ Nurul Amal Desa Pasir Angin dan dilaksanakannya program kerja ini khususnya yaitu untuk meningkatkan pemahaman mengenai praktik ibadah (praktik wudhu dan shalat).  Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode PAR (Participatory Action Reseach). Penelitian ini adalah salah satu model penelitian yang menghubungkan proses penelitian dengan proses perubahan sosial. Perubahan sosial maksudnya adalah bagaimana cara proses penguatan bisa mewujudkan tiga tolak ukur yaitu komitmen dengan TPQ Nurul Amal Desa Pasir Angin. Sebenarnya anak anak TPQ sudah mengetahui tata cara wudhu dan shalat. akan tetapi, anak anak masih membutuhkan bimbingan yang khusus supaya bisa mengetahui bagaimana tata cara wudhu dan shalat nya supaya sah dan diterima oleh Allah Swt.

Keywords


pengabdian masyarakat

References


Abdul Hanif, F. (2022). Pemanfaatan MediaPembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME).

Anggia Fratica, M. s. (2015). Peningkatan Kemampuan Praktik Ibadah Shalat Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 4-7 Tahun. Seulanga jurnal pendidikan anak .

kurniawati, y. (2019). penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa . psychology.

Kusumawardani, D. (2021). Makna Wudhu Dalam Kehidupan Menurut Al Qur'an dan Hadits . jurnal riset agama .

M. Z Pratama, M. Z. (2023). problematika guru PAI mengunakan media Audio Visual dalam proses pembelajaran . jurnal ilmiah keagamaan dan kemasyarakatan.

moh. Nurul Qomar, L. D. (2022). Metode Participatory Action Research (PAR). communnity Development Journal , 76.

nanan. (2017). metode penelitian pendidikan. bandung : PT remaja Rosdakarya.

Noor, u. S. (2015). mengungkap rahasia shalat para nabi. jakarta selatan: PT WahyuMedia.

parman, y. f. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan motivasi terhadap hasil praktik ibadah siswa di SMP. tekno pedagoi, 51.

rusdaya basri, r. (2022). adaptasi fiqih ibadah dalam perkembangan sains . soreang : IAIN Parepare Nusantara press.

solhah, s. z. (2022). pelatihan pembelajaran praktik wudhu dan shalat . jurnal pengabdian kepada masyarakat desa .

subagiya, b. h. (2023). inovasi pembelajaran berwudhu di sekolah dasar melalui penggunaan media audio visual . tawazun jurnal pendidikan islam .

suharyati. (2018). peningkatan kemampuan praktek shalat melalui metode demonstrasi dengan media audio visual . jurnal pendidikan madrasah , 369-370.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: