Menyongsong Keprofesionalitasan: Peningkatan Skill Anggota KPPS Melalui Bimbingan Teknis di Desa Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat

Ni Made Murni Ariastuti, Ni Putu Bayu Widhi Antari

Abstract


Penelitian ini membahas pelaksanaan bimbingan teknis oleh kelompok KKN Tematik Universitas Mahasaraswati Denpasar untuk meningkatkan kualitas anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Tegal Harum, Kecamatan Denpasar Barat. Fokus utama adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota KPPS dalam melaksanakan tugas-tugas pemilihan umum. Hasil survei menunjukkan bahwa bimbingan teknis berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota KPPS, serta mendapat respon positif terhadap metode pembelajaran yang digunakan. Dalam konteks pemilihan umum, penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam menjaga integritas dan akurasi pemilu, serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap proses demokrasi di tingkat lokal.

Keywords


Kata kunci: Bimbingan Teknis, KPPS, Pengetahuan, Keterampilan

References


Hamimah, S. (2018). Memperkuat Peran Dan Fungsi Bawaslu Dalam Pengawasan Dan Penegakan Hukum Pemilu. In Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang (Vol. 4, No. 3, pp. 803-828).

Haryanti, D. (2015). Konstruksi Hukum Lembaga Penyelenggara Pemilihan Umum Di Indonesia Ditinjau Dari Teori Stufenbau. Jurnal Pembaharuan Hukum, 2(2), 270-278.

Ola, E. (2018). Kualitas Kerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Pada Penyelenggaraan Pemilu Legislatif Di Kabupaten Lembata Tahun 2014. Jurnal Imu Politico, 7(2).

Pratama, M. (2016). Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Sosialisasi Pemilu Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilu Presiden 2014 Di Kalimantan Timur. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 30-43.

Sulastri, E., & Handayani, N. (2017). Pola rekrutmen penyelenggara pemilu tingkat PPS dan KPPS untuk pemilu yang berintegritas. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 28(1).

Surbakti, R., & Nugroho, K. (2015). Studi Tentang Desain Kelembagaan Pemilu yang Efektif.

Susanto, A. (2017). Disproporsionalitas Beban Tugas KPPS Studi Integritas Pemilu. Jurnal Politik Indonesia, 2(1), 9-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: