Strategi Pemasaran UMKM di Desa Mandalamekar Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Eti Suminartika, Yosini Deliana, Sulistyodewi Nur Wiyono

Abstract


Permasalahan yang dihadapi UMKM adalah  salah satunya pemasaran yang kurang berkembang, salah satu caranya melalui strategi pemasaran yang meliputi strategi distribusi dan strategi produk.  Salah satunya strategi distribusi yang dapat digunakan adalah memanfaatkan  media social, sedangkan strategi produk dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitasjenis produk.  Tujuan pengabdian ini adalah (1)  meningkatkan  pengetahuan peserta akan strategi pemasaran terutama penggunaan media sosial dan (2) meningkatkan keterampilan peserta  dalam menambah kualitas dan kuantitas jenis makanan.  Kegiatan PKM dilaksanakan dari tanggal 6 November sampai 6 Desember  2023.  Metoda yang digunakan adalah pelatihan berupa penyuluhan  dan demonstrasi dan praktek pengolahan makanan.  Peningkatan pengetahuan peserta di analisis secara statistik dengan menggunakan uji t berpasangan  pada tarap nyata 5 persen.  Peningkatan keterampilan diukur dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil pengabdian menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan akan strategi pemasaran terutama menggunakan media sosial dan peningkatan keterampilan pengolahan makanan.

Keywords


Pengabdian

References


Affandi, A., Sarwani, A. S., Erlangga, H., Siagian, A. O., Purwanto, A., Effendy, A. A., & Juhaeri, G. (2020). Optimization of MSMEs Empowerment in Facing Competition in the Global Market during the COVID-19 Pandemic Time. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 1506-1515

Fajar, M., & Larasati, C. W. (2021). Peran Financial Technology (Fintech) dalam Perkembangan UMKM di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Humanities, Management, and Science Proceedings, 1(2), 702–715.

Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil. (2020). Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. https://www.bappenas.go.id/files/4215/9236/1094/ND_269_Penyampaian_Laporan_P erkembangan_Ekonomi_Indonesia_dan_Dunia_untuk_Triwulan_I_Tahun_2020.pdf

Kotler, P., & Keller, K. L. (Eds. 13). (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Novianita Rulandari, Nur Fitri Rahmawati, Dewi Nurbaiti. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal. Dalam Prosiding Seminar Stiami. Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI, 21-28.

Primatami, A., & Hidayati, N. (2019). Perkembangan Usaha Mikro Kecil (Umk) Di Provinsi Jawa Barat Tahun 2006 – 2016. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v21i3.350

Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).

Stanton, W. J. (Eds. 17 jilid 1). (1989). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Swastha, B., & Irawan. (2008). Menejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Widiyono & Pakkanna, M. (2014). Pengantar Bisnis: Respon terhadap Dinamika Global. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i1.13795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: