Sosialisasi Strategi Pengembangan UMKM Industri Sarung Buton Pasca Covid-19

La Sudarman, Abel Haryanto, Muhammad Tasjiddin Teheni, Ratih Nurwanti, Ramad Arya Fitra, La Harjo Prawiro

Abstract


Sarung Buton merupakan sarung tenun khas Buton yang biasanya ditenun secara manual menggunakan tangan manusia. Sarung ini dilestarikan oleh masyarakat Buton pada umumnya secara turun-temurun dengan mempertahankan ciri dan khas yang dimiliki oleh sarung yang ditenun. Seiring berjalannya waktu, sarung Buton kini mulai diproduksi menggunakan mesin sehingga dapat mengancam eksistensi penenun yang masih menggunakan cara manual. Pengabdian bertujuan untuk mitra mencoba menysun analisis SWOT. Kegiatan dilaksakan di Desa Wabula Kecamatan Wabula Kabupaten Buton dimana mitra sasaran masih menggunakan cara manual dalam meproduksi sarung Buton. Jumlah mitra sasaran sebanyak 30 orang. Metode pelaksanaan kegiatan secara sistematis antara lain analisis kebutuhan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Hasil pengabdian ditemukan bahwa perlu adanya peningkatan branding kerajinan kreatif melalui multimedia dan media sosial. Strategi promosi menggunakan media digital dan produk multimedia lebih menjanjikan karena mampu menarik calon konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai produk dan transaksi yang dijual melalui internet. Kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan bahwa peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Dari hasil evaluasi diperoleh informasi bahwa sebagian besar peserta masih dalam kategori kurang paham dalam menyusun analisis SWOT Strategi Pengembangan UMKM Industri Kerajinan Sarung Buton.

Keywords


Covid 19, Industri Kerajinan, Sarung Buton

References


Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Alicia, A., & Laulita, N. B. (2023). Pembuatan Produk Multimedia Dan Strategi Promosi Melalui Media Digital Pada Warung Miso Medan. Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 146–150. https://doi.org/10.55047/prima.v2i1.541

Amri, F. (2015). Permasalahan UMKM: Strategi Dan Kebijakan. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Pluralisme Dalam Ekonomi Dan Pendidikan, 1(9), 368–380.

Arifianti, R., & Alexandri, M. B. (2017). Activation of Creative Sub-Economic Sector in Bandung City. Jurnal AdBispreneur, 2(3), 201–209.

Aristanto, E. (2019). Kredit Usaha Rakyat (KUR) : Pilihan Kebijakan Afirmatif Mendorong Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Indonesia. Journal of Banking and Finance, 1(1), 1–12.

Arivetullatif, A., & Ardina, G. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kota Pariaman. Ensiklopedia of Journal, 4(4), 364–371. https://doi.org/10.33559/eoj.v4i4.888

Dewi Astuti. (2005). Kajian Bisnis Franchise Makanan Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), pp.83-98. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/16108

Hamzah B, N. M. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 344.

Hastuti. (2022). Strategi Pemberdayaan UMKM Penjualan Sarung Tenun Khas Buton. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(12), 4037–4046.

Jane, D. O. (2012). Proses Internasionalisasi Perusahaan : Desain Strategi & Organisasi ( Studi kasus UKM di Kota Bandung ). Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Prahayangan, 1–55.

Mirosea, N., Hasrul, Y., Tamburaka, I., Aya, W., & Lestari, Y. (2022). Pembentukan Propaktani di Desa Lambusa untuk Memperkuat Pemasaran Hasil Penelitian. 444–456.

Prasetyo, B., Rahmah, S., Toba, R., Noviana Noor, W., & Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, U. (2023). Pengolahan Kerajinan Tangan Sarung Tenun Samarinda Sebagai Sumber Pendapatan Warga. Widya Noviana Noor SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Juli, 1(2), 2023. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/SIMAS/index

Priangani, A. (2023). Memperkuat Manajemen Pemasaran dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsan, 2(4), 1–9.

Rezki, A., & Yunus, N. R. (2021). Kemerosotan Ekonomi Negara Sebagai Dampak Pembatasan Sosial Covid 19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(6), 2111–2122. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23393

Sabariah, N., Wulan, R. R., & Pramana, M. I. (2021). Pengembangan Ragam Produk Kain Tenun Buton sebagai Upaya Revitalisasi Kebudayaan Buton. SANDI: Seminar Nasional Desain, 1, 300–306. https://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandi-dkv/article/view/154

Samparadja, N., Jayadi, K., & Satriadi. (2023). Studi Terhadap Kain Tenun Buton (Proses, Makna Motif dan Penggunaannya). Seni Rupa Dan Desain, 2(2), 267–279.

Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/viewFile/3017/2510

Setiawan, G., Achmadi, F., & Vitasari, P. (2018). Analisis Peningkatan Penjualan Produk Kain Tenun Ikat dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 4(1), 10–13. https://doi.org/10.36040/jtmi.v4i1.199

Smeru. (2021). Ringkasan Eksekutif: Dampak Sosial Ekonomi COVID-19 terhadap Rumah Tangga dan Rekomendasi Kebijakan Strategis untuk Indonesia. SMERU Research Institute, 1–7.

Sudarman, L., Jejen, L., Lelawatty, P., Teheni, M. T., Sari, M., Ode, W., & Azriani, F. (2022). Aplication Development and It ’ s Aplicated in Yasmin Store of Buton Sentral Distric. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 6(3), 233–240.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.13956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: