Pemberdayaan Petani Berbasis Pengembangan Pisang Unggulan di Kabupaten Ciamis

Ivan Sayid Nurahman, Sepul Aziz, Sudradjat Sudradjat

Abstract


Potensi lahan di pedesaan yang sangat besar untuk dimanfaatkan masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dapat meningkatkan perekonomian. Pisang menjadi salah satu komoditas unggulan untuk dikembangkan di pedesaan yang relatif mudah untuk dibudidayakan dan memiliki nilai yang cukup tinggi. Namun, hal tersebut belum diimbangi dengan model pengelolaan pisang yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan penyuluhan intensifikasi budidaya tanaman pisang, pendampingan pembuatan demplot pembibitan pisang, dan pemodelan ekspo (festival) pisang unggulan diharapkan mampu meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pisang. Selain itu, menjaga ketersediaan bibit pisang sekaligus merangsang dan memotivasi masyarakat untuk mau mengusahakan tanaman pisang secara intensif. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu metode instruksional yang diikuti dengan praktek, ekspo dan pembuatan demplot. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa pengetahuan petani meningkat terkait cara budidaya tanaman pisang sesuai rekomendasi teknis. Hal itu teraktualisasikan dalam pengelolaan demplot pembibitan pisang disertai pendampingan intensif oleh tim pengabdian. Festival pisang terselenggara berkat kerja sama berbagai pihak terkait, hal ini terbukti mampu menarik perhatian dan partisipasi masyarakat untuk ikut mengembangkan pisang unggulan.

Keywords


pemberdayaan, pisang, unggulan

References


Ardianto, F dan Sutiah. 2017. Respon Pertumbuhan Bibit Pisang Mas (Musa Acuminate Linn) Terhadap Komposisi Media Tanam dan ZPT. Journal Viabel Pertanian. (2017), 11(1) 10-22.

Cahyono, Bambang. 2009. Pisang. Kanisius. Yogyakarta.

Eriansyah M, Susiyanti dan Putra Y. 2014. Pengaruh Pemotongan Eksplan dan Pemberian Beberapa Konsentrasi Air Kelapa terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Eksplan Pisang Ketan (Musa Paradisiaca) secara In Vitro. Agrologia 3(1): 54-61.

Gultom L, Giawa S, dan Zega KR. 2023. Strategi Pengembangan Perbanyakan Tanaman Pisang (Musa Paradiasciaca L.) Secara Kultur Jaringan di Unit Pelayanan Teknis Benih Induk Hortikultura Gedung Johor. JURNAL AGRIBIZDA, Vol. 7, No. 1, (2023) Maret : 101 – 117.

Kasutjianingati, & Boer, D. 2013. Mikropropagasi Pisang Mas Kirana (Musa acuminata L) Memanfaatkan BAP dan NAA secara In Vitro. J Agroteknos. 3(1), 60-64. ISSN: 2087-7706.

Kasutjianingati, Poerwanto R, Widodo, Khumaida N dan Efendi D. 2011. Pengaruh Media Induksi terhadap Multiplikasi Tunas dan Pertumbuhan Planlet Pisang Raja Bulu (AAB) dan Pisang Tanduk (AAB) pada Berbagai Media Multiplikasi. Jurnal Agron Indonesia 39(3):180-187.

Mujiyo, Widijanto H, Herawati A, Rochman F, dan Rafirman R. 2017. Potensi Lahan untuk Budidaya Pisang di Kecamatan Jenawi Karanganyar. Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture. 2017. 32(2), 142-148.

Sirappa, MP. 2021. Potensi Pengembangan Tanaman Pisang: Tinjauan Syarat Tumbuh dan Teknik Budidaya Pisang dengan Metode Bit. Jurnal Ilmiah Agrosaint. Volume 12, Nomor 2, Desember 2021.

Tjokrosumarto, WA. 2020. Pertumbuhan Bibit Pisang Cavendish (Musa acuminata L.) Pasca Aklimatisasi pada Berbagai Ukuran Polibag. Conference: Seminar Nasional Virtual Tren Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Ramah Lingkungan di Masa Mendatang menuju Pertanian Berkelanjutan. October 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.14324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: