Upaya Peningkatan Ekonomi Petani Mangga Gedong Gincu melalui Pelatihan Pemasaran Digital dan Penguatan Identitas Merek (Branding)

Sri Umyati, Dinar Dinar, Aaz Azamudin Tifani, Siti Sofyatun Zakiyyah

Abstract


Mangga gedong gincu merupakan salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Majalengka. Salah satu wilayah yang menjadi sentra mangga gedong gincu di Kabupaten Majalengka adalah Kecamatan Jatitujuh. Produktivitas mangga gedong gincu di kecamatan ini cenderung stabil setiap tahunnya. Namun, petani di lokasi sentra budidaya seringkali dihadapkan dengan beberapa permasalahan klasik pada saat panen raya tiba. Banyak buah mangga yang belum dapat termanfaatkan dengan maksimal terutama untuk mangga reject. Pengolahan mangga gedong gincu saat ini masih sangat terbatas dan masih perlu inovasi pengembangan produk. Maka untuk itu, perlu dilakukan kegiatan yang dapat mengarahkan petani untuk dapat mengembangkan keterampilan pengolahan produk, kemampuan manajemen kelompok, dan keterampilan pemasaran produk guna meningkatkan ekonomi keluarga petani di lokasi tersebut. Kegiatan pengabdian kali ini diarahkan pada pemasaran produk yang berbasis digital dan penguatan identitas merek (branding). Minimnya pengetahuan masyarakat akan kedua hal tersebut mendorong tim pengabdian untuk melakukan penyuluhan dan pelatihan digital marketing dan penguatan identitas merek. Jika masyarakat paham akan pentingnya kedua hal tersebut, maka ini diharapkan dapat mendorong motivasi masyarakat untuk dapat mengaplikasikannya terutama untuk bisnis pengolahan mangga gedong gincu. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahapan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi akhir. Hasil kegiatan yang dilakukan menunjukan peningkatan pengetahuan masyarakat petani akan pentingnya digital marketing dan penguatan identitas merek. Hal ini tercermin dari antusiasme masyarakat untuk mencari informasi sendiri terkait digital marketing maupun penguatan identitas produk setelah kegiatan ini dilakukan serta dimilikinya akun-akun pemasaran produk mangga gedong gincu.

Keywords


mangga asbor, pemasaran, promosi

References


Aaker, D. A. (1991). Managing brand equity: Capitalizing on the value of a brand name. Simon and Schuster.

Aulia, E. ., Zawawi, Z., & Warmana, G. O. (2024). Pemanfaatan Branding Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Produk UMKM Penjaringansari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 994-999. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2413

Assauri, Sojan (2010). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : Cetakan Pertama, Rajawali Pers.

Catur Sugiharto. 2019. Pelatihan Branding Sebagai upaya Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Nugget Lele Desa Mojogedang. Jurnal SEMAR Vol. 8 No.2, 2019 hal. 1 – 5

Guruh Herman Was’an dan Anita Sariningsih. 2021. Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, Vol. 1, No. 1, Agustus 2021: 31-36p-ISSN 2798-6942| e-ISSN 2798-568731

Iskandar, Y., & Sarastika, T. (2023). Kajian Aspek Sosial Ekonomi dan Persepsi Masyarakat terhadap Pengembangan Tambak Udang Areal Pertanian di Pasir mendit dan Pasir Kadilangu. Jurnal Sains Barat Ekonomi dan Kewirausahaan, 1(01), 28–36.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.14596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: