Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman Kader Srikandi Terhadap Pengendalian Hipertensi dengan Pemanfaatan Herbal DALANG (Wedang Telang)

Sherly Firnandani, Larasati Az Zahra, Widia Rahma Melina, Sudrajat Sudrajat, Kasno Irwanto, Dewi Ambarwati, Dini Nur Afifah

Abstract


Hipertensi merupakan masalah kesehatan utama di Dusun 3, Desa Tambaksogra, di mana banyak lansia enggan mengonsumsi obat kimia secara terus-menerus karena biaya dan kekhawatiran akan efek sampingnya. Sebagai alternatif, digunakan bunga telang yang mengandung senyawa flavonoid dan antosianin yang berkhasiat sebagai antioksidan dan antihipertensi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kader Srikandi mengenai pengendalian hipertensi melalui pemanfaatan herbal DALANG (Wedang Telang). Kegiatan ini meliputi sosialisasi tentang manfaat bunga telang, demonstrasi pembuatan Wedang Telang, serta evaluasi pemahaman peserta melalui pretest dan postest. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat bulan, dari April hingga Agustus 2024, di Dusun 3 Kalisogra, Desa Tambaksogra, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Peserta kegiatan adalah kader Srikandi dan lansia, dengan jumlah total mencapai 40 orang. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai manfaat bunga telang untuk mengendalikan hipertensi, dengan rata-rata peningkatan pemahaman sebesar 22,25%  (peningkatan skor dari 70.25 menjadi 92.5). Peserta antusias dalam mengikuti kegiatan dan mulai memahami potensi ekonomis dari bunga telang selain manfaat kesehatannya. Produk Wedang Telang yang dihasilkan mengombinasikan bunga telang dengan jahe dan serai, yang terbukti lebih disukai karena aroma dan rasanya. Produk ini diharapkan dapat menjadi alternatif pengobatan yang efektif dan ekonomis bagi masyarakat Dusun Kalisogra, khususnya para lansia penderita hipertensi. Dukungan dari pemerintah setempat sangat diperlukan untuk mendukung keberlanjutan dan perluasan manfaat dari produk ini, serta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui budidaya dan pengolahan bunga telang.

Keywords


hipertensi, bunga telang, lansia, herbal, pengabdian masyarakat

References


Aprilia, E. N. (2023). Pengaruh pemberian teh bunga telang (Clitoria ternatea) terhadap penurunan tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(3), 1191–1198.

Dinas Kesehatan Banyumas. (2020). Profil Kesehatan Banyumas Tahun 2020. Pemerintah Kabupaten Banyumas Dinas Kesehatan. Diakses pada tanggal 18 Juli 2024 https://static.banyumaskab.go.id/website/documents/dinkes/2024/profil%20kesehatan%20kabupaten%20banyumas%20tahun%202023%20rilis.pdf

Hanura, T. A., Fauziyah, A., Nasrullah, N., & Wahyuningsih, U. (2021). Pengaruh penambahan ekstrak bunga telang terhadap kadar antosianin, kalium, dan sifat organoleptik jeli buah naga merah. GHIDZA: Jurnal Gizi dan Kesehatan, 5(2), 187–196.

Rifqi, M. (2021). Ekstraksi antosianin pada bunga telang (Clitoria ternatea L.): Sebuah ulasan. Pasundan Food Technology Journal, 8(2), 45–50.

Sulasmi, Saktiningsih, H., Hilando, O., Qotrun Nada, L., Putri Hapsari, R., Badii, L., & Rahayu, D. (2023). Penyuluhan manfaat bunga telang (Clitoria ternatea). Jurnal BUDIMAS, 5(2).

Yudiastama, E., & Handayani, S. W. (2023). Karakteristik teh celup herbal kajian proporsi bunga telang (Clitoria ternatea L.) dan batang serai (Cymbopogon citratus) terhadap aktivitas antioksidan, kadar air, pH, warna dan organoleptik. Jurnal Teknologi Pangan, 17(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: