Pelatihan Penggunaan Book Creator Sebagai Media Pembelajaran Digital Bagi Guru-guru PAUD

Suci Utami Putri, Dhifa Noor Restya, Fairuz Afra Rafifah, Firda Alfira Muklis

Abstract


Di era digital saat ini, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah berkembang pesat dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini juga berdampak pada dunia pendidikan, termasuk PAUD. Penggunaan media pembelajaran digital di PAUD menawarkan berbagai keuntungan yang dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran anak. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru PAUD dalam menggunakan media pembelajaran digital, meningkatkan minat dan keterlibatan belajar anak melalui penggunaan book creator, dan meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD. Pelaksanaan workshop “kreatif bersama guru: memanfaatkan book creator untuk meningkatkan interaksi dan kesenangan belajar” di PAUD TK Labschool UPI di Purwakarta yang dilaksanakan secara formal dilaksanakan selama 1 hari dengan durasi 3 jam pada bulan april 2024. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 15 orang terdiri dari guru dan tim, setiap peserta diminta membawa laptop atau tablet. Kegiatan workshop ini dilakukan dalam beberapa desain kegiatan agar selama pelatihan berjalan dengan baik, adapun desain kegiatan workshop meliputi persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Narasumber juga memberikan penjelasan yang detail dan mudah dipahami tentang berbagai fitur dan fungsi book creator. Penjelasan mencakup fitur-fitur utama aplikasi, manfaatnya, serta bagaimana aplikasi tersebut dapat digunakan dalam konteks pembelajaran atau pekerjaan mereka. Tim workshop memberikan bimbingan dan pendampingan secara langsung kepada peserta selama pelatihan. Bimbingan yang dilakukan yaitu dengan cara demonstrasi penggunaan aplikasi book creator melalui web (chrome) dilakukan untuk memberikan contoh praktik yang jelas. Pelatihan ini dapat direplikasi di sekolah-sekolah PAUD lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia dengan beberapa penyesuaian agar sesuai dengan konteks dan kebutuhan sekolah-sekolah PAUD lainnya.

Keywords


Pengabdian, pelatihan

References


Afriyadi, H., Hayati, N., Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Aima, Z., Anggraini, V., Edriati, S., Putri, A., Alma, S. H., & Syahwa, K. A. (2024). Pelatihan Penyusunan Buku Digital Menggunakan Platform Book Creator. Beujroh: Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 69–83.

Arianty, A., Yulianti, D. A. T., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Flipbook Maker dengan Konten dari Hasil Karya Anak di PAUD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1702–1705.

Fitrianna, D., Hasanah, F. N., & Ernawati, S. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan Book Creator di SDN Kadumerak 1. 7(1), 353–362.

Laili, N., & Ritonga, R. S. (2023). Urgensi Media Berbasis Digital Dalam Proses Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini. PeTeKa, 6(3), 577–586.

Lutfi, L. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Di RA Hasanussholihat Tangerang. Jurnal Tahsinia, 4(2), 288–299.

Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Alim, 1(2), 277–294.

Safira, A. R., & Ifadah, A. S. (2020). Pembelajaran sains dan matematika anak usia dini. Caremedia Communication.

Sanjaya, P. A., Pageh, I. M., & Suastika, I. N. (2023). Bahan Ajar E-Modul Book Creator untuk Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2).

Susanto, A. (2017). Pemanfaatan ICT (Informations and Communication Technologies) dalam pembelajaran anak usia dini. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 230–241.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: