PKM Kelompok Tani dalam Peningkatan Ketahanan Pangan Melalui Budidaya Sayuran Akuaponik dan Ikan Lele Menggunakan Teknologi Budikdamdrum

Mariaulfa Mustam, Dwi Maryana, Nurhikmah Wahab, Nurfika Ramdani, Hijrah Amaliah Azis, Muh. Amran, Derry Alif Lukman

Abstract


Teknologi budikdamdrum pada sayuran akuaponik akan menjadi alternatif untuk petani guna memenuhi ketahanan pangan keluarga dengan pemanfaatan lahan sempit salah satunya seperti pekarangan rumah. Alat dan bahan yang digunakan yaitu : drum, baja ringan kanal c, pompa air, bellsiphon, gurinda, bor, pisau, meteran, TDS meter, selang air, pH universal, timbangan, batu kerikil, pecahan genteng dan pasir malang sebagai media tanam sayuran, benih kangkung, bibit ikan lele, air. Metode yang dilakukan terdiri dari beberapa tahapan yakni penyuluhan, pelaksanaan pelatihan, dan monotoring dan evaluasi rencana keberlanjutan program. Hasil yang didapatkan dari kegiatan PKM yakni adanya peningkatan yang signifikan dalam pertumbuhan tanaman kangkung. Penambahan tinggi tanaman disebabkan akibat dari hasil metabolisme tanaman yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan di daerah penanaman seperti air, sinar matahari dan nutrisi dari kotoran ikan. Serta adanya peningkatkan signifikan pada pertumbuhan berat ikan lele. Terlihat lele yang segar, daging padat dan bersih. Dengan adanya kegiatan PKM ini mitra dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan terkait budidaya sayuran akuaponik dan ikan lele menggunakan Teknologi Budikdamdrum. Minat mitra dalam melanjutkan budidaya ini ditandai dengan apresiasi dan antusias mitra maupun warga laikang selama pelaksanaan PKM. Kangkung dan lele hasil budidaya ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi nabati dan hewani keluarga, dapat menciptakan pertanian rumahan dan mampu menjadi solusi dalam peningkatan ketahanan pangan keluarga, serta dapat meningkatkan perekonomian mitra maupun warga desa laikang. Tim PKM berharap agar mitra selalu menjaga dan merawat alat instalasi akuaponik budikdamdrum ini agar terus dapat digunakan dan terus menghasilkan bahan pangan yang sehat.

Keywords


Food, Aquaponics, Water Spinach, Catfish, Budikdamdrum

References


Fajeriana N. Evaluasi Kesesuaian Lahan Untuk Komoditas Pertanian Di Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar. Median J Ilmu Ilmu Eksakta. 2019;10(1):9–17.

Megasari R, Trijuno DD. Teknologi Aquaponik Tanaman Tomat dan Ikan Nila pada Tiga Jenis Media Tanam dan Frekuensi Pemupukan. Perbal J Pertan Berkelanjutan. 2020;8(2):45–7.

Kusumaningrum A, Widiyantono D, Wicaksono IA, Khasanah U, Windani I, Utami DP. Peningkatan Kesejahteraan Kelompok Tani Berbasis Teknologi Akuaponik Dengan Memadupadankan Ternak Lele dan Sayuran Kangkung. Surya Abdimas. 2023;7(3):375–82.

Wahab N, Mustam M, Afalid M, Zalzabila A, Sulawesi UT, Selatan S. PMP PENINGKATAN EKONOMI UKM USAHA UNGGUL TAKALAR MELALUI DIVERSIFIKASI OLAHAN RUMPUT LAUT MENUJU ENTREPRENEURS VILLAGE DESA LAIKANG KAB TAKALAR. Pros Semin Nas Pengabdi Kpd Masy [Internet]. 2023:2023. Available from: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm

Marisda DH, Anisa A, Saad R, Hamid YH, Karamma IH. Budidaya Kangkung Dan Ikan Nila Dengan Sistem Aquaponik. JCES (Journal Character Educ Soc [Internet]. 2020;3(3):611–20. Available from: http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/2786

Ahmad, Sunawan, Sugianto A. Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Dosis Pupuk NPK terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kangkung Darat (lpomea reptans poir). J Agronisma. 2021;9(1):1–8.

Pratopo LH, Thoriq A. Produksi Tanaman Kangkung dan Ikan Lele dengan Sistem Akuaponik. Paspalum J Ilm Pertan. 2021;9(1):68.

Hidayatulloh MKY, Romadoni D, Lestari DF, Ummah R, Alfatah DA. Pelatihan Akuaponik dengan BUDIKDAMBER upaya Memenuhi Kebutuhan Protein Nabati dan Hewani di Lahan Terbatas Masyarakat Desa Kedunglosari. Bima Abdi J Pengabdi Masy. 2022;2(1):124–32.

Aminah IS, Rosmiah R, Hawalid H, Yuningsih L, Helmizuryani H. PENYULUHAN BUDIDAYA TANAMAN SAYUR KANGKUNG (Ipomoea reptans) MELALUI SISTEM HIDROPONIK DI KELURAHAN ALANG-ALANG LEBAR KOTA PALEMBANG. Altifani Int J Community Engagem. 2020;1(1).

Madinawati, Serdiati N, Yoel. Pemberian Pakan yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Media Litbang Sulteng. 2011;4(2):83–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: