Pengembangan UMKM melalui Penguatan Rebranding Produk dan Pelatihan E-Commerce di Desa Sokaan, Probolinggo

Dika Handayani, Dini Dwi Kusuma Wardani, Andini Alfaiza Salsabila, Cindy Dea Anggraini, Basar Dikuraisyin

Abstract


Upaya meningkatkan kualitas dan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sokaan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, dilakukan pendampingan rebranding produk dan pelatihan penjualan melalui e-commerce terhadap pelaku UMKM. Rebranding yang meliputi pembaruan logo, kemasan, dan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) telah memberikan dorongan signifikan terhadap citra dan daya tarik produk UMKM. Selain itu, pelatihan penjualan digital menggunakan platform e-commerce seperti Shopee telah memungkinkan UMKM untuk memperluas pasar mereka ke wilayah yang lebih luas, termasuk kota-kota besar. Pengabdian ini menggunakan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD), yang berfokus pada pemanfaatan kekuatan dan sumber daya lokal untuk mengembangkan komunitas, sehingga para pelaku UMKM di Desa Sokaan mendapat dampak positif berupa rebranding produk dan penjualan produk melalui e-commerce. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa UMKM di Desa Sokaan mengalami kemajuan dalam hal daya saing produk mereka. Rebranding yang dilakukan berhasil meningkatkan daya tarik produk, sementara pelatihan e-commerce membuka peluang baru untuk penjualan yang lebih luas.

Keywords


UMK, Desa Sokaan, Rebranding, e-commerce, Pendekatan ABCD

References


Arifudin, D., Heryanti, L., & Pramesti, D. (2021). Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM d. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(5), 2640–2651.

Ayu, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Merek, Variasi Produk dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Lipstick Wardah di Kota Padang (Doctoral dissertation, STKIP PRGI Sumatera Barat)

Dureau, C. (2013). Australian Community Development and Civil S o c i e t y Strengthening Strengt hening Scheme (ACCESS) Tahap II. Australian AID.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Hamzah, A. (2022). Strategi Pengembangan Umkm Desa Cibingbin Menuju Entrepreneurs Village Berbasis Sumberdaya Alam. Jurnal Pengabdian Dinamika, 9(2), 36. https://doi.org/10.62870/dinamika.v9i2.17860

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Mulyani, S., Fadli, R., & Seta, A. B. (2023). Pelatihan Pembuatan Logo Produk guna Mengoptimalkan Peluang Bisnis pada Remaja RT 02 RW 13 Kelurahan Rangkapan Jaya Lama Kota Depok. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 134–139. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1.129

Rochmaniah, A., & Rahayu, A. (2023). Marketing 4.0 coaching and training for home industries in Sugihwaras Village. Community Empowerment, 8(7), 997–1004. https://doi.org/10.31603/ce.8944

Saifulloh, M. (2021). Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 28–33. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas

Santoso, B., & Ardiyansyah, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Re-Branding UMKM di Kelurahan Kepanjenkidul Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), 5(3), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i3

Setiyani, A, Tri Yuliyanti, D. R. (2022). Pengembangan UMKM di Desa Pekarungan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 425–433.

Setyawan, N. A., Wibowo, B. Y., & Sagita, L. (2022). Pendampingan Legalitas UMKM PKH Graduasi Melalui Sistem Online Single Submission di Kecamatan Suruh. Prapanca : Jurnal Abdimas, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37826/prapanca.v2i1.229

Solikatun, S., Masruroh, Y., & Zuber, A. (2018). Kemiskinan Dalam Pembangunan. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1). https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17450

Tamtelahitu, T. M., Luturmas, A. J., Batlajery, B. V., Augustyn, A. N. A., Komputer, I., Kristen, U., Maluku, I., Kristen, U., & Maluku, I. (2021). PELATIHAN TEKNIK DESAIN LOGO KEMASAN, PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK DI KELOMPOK MAMA ROMI. 4, 6–13.

Wahyudi, W., Mukrodi, M., Sugiarti, E., Marayasa, I. N., & Mawardi, S. (2022). MENGENAL PEMASARAN DIGITAL DAN MARKET PLACE: Solusi Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 2(1), 44–53. https://doi.org/10.37481/pkmb.v2i1.237




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: