Bimbingan Teknis Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Artificial Intelligence dan Optimalisasi Media Sosial untuk Pembuatan Materi Promosi Kepariwisataan Desa Margacinta, Kabupaten Pangandaran

Muhammad Aliyuddin, Iis Surgawati, Allicia Deana Santosa, Novi Mela Yuliani, Febrialdy Hendratawan, Robi Awaluddin

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) yang bertema "Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Optimalisasi Media Sosial untuk Pembuatan Materi Promosi Pariwisata" ini dilaksanakan pada Sabtu, 3 Agustus 2024 bertempat di Balai Desa Margacinta, Kabupaten Pangandaran. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian proses yang telah dilakukan sebelumnya, dengan tujuan meningkatkan pemahaman peserta mengenai penggunaan aplikasi yang berbasis AI, mengoptimalkan penggunaan media sosial, dan membuat materi promosi yang menarik untuk platform seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Peserta pelatihan terdiri atas anggota karang taruna yang juga tergabung dalam Forum Anak Desa. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Participatory Rural Appraisal (PRA), yang melibatkan peserta dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pelatihan untuk memastikan materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan mereka. Materi pelatihan mencakup penggunaan aplikasi berbasis AI seperti ChatGPT untuk brainstorming ide, Canva untuk desain media dua dimensi, Suno AI untuk membuat konten audio, dan CapCut untuk pembuatan media promosi berbasis audio-visual. Selain itu, peserta diberikan pemahaman mengenai proses mendesain yang meliputi pencarian ide, keseimbangan desain, penekanan pesan, psikologi warna, dan teknik desain menggunakan aplikasi berbasis AI. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Margacinta dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan strategi promosi mereka, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya tarik pariwisata desa. Implikasi dari pelatihan ini menunjukkan pentingnya dukungan berkelanjutan dan kolaborasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan infrastruktur digital dan pendidikan di daerah pedesaan.

Keywords


Artificial Intelligence (AI), Media Sosial, Promosi Pariwisata, Participatory Rural Appraisal

References


Arifudin, O. (2020). Manajemen Desa Wisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Desa Cibuluh Tanjungsiang Kabupaten Subang. Jurnal Al Amar, 1(1), 1–7. https://www.researchgate.net/publication/343403555

Boto-García, D., & Baños-Pino, J. F. (2022). Social influence and bandwagon effects in tourism travel. Annals of Tourism Research, 93, 103366. https://doi.org/10.1016/j.annals.2022.103366

Chan, I. C. C., Chen, Z., & Leung, D. (2023). The more the better? Strategizing visual elements in social media marketing. Journal of Hospitality and Tourism Management, 54, 268–289. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2022.11.007

Fadli, F., Anshari, R., Hamzah, H., Siregar, K. A. A. K., Pratiwi, J., & Dwiagam, J. H. (2021). Counseling on Digital Marketing in Marketing MSMEs in the Tourism Sector in the Tourism Market of the Mulawarman Museum, Kutai Kartanegara District. Abdi Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2).

Hadjielias, E., Christofi, M., Christou, P., & Hadjielia Drotarova, M. (2022). Digitalization, agility, and customer value in tourism. Technological Forecasting and Social Change, 175, 121334. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.121334

Jumri, J., Komaludin, A., & Ridwan, I. (2023). Peningkatan Produktifitas Budidaya Lebah Madu Sebagai Upaya Peningkatan Pendaptan Masyarakat Di Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Abdimas Galuh, 5(1), 276. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.9402

Khairani, A., & Fachira, I. (2021). The Influence of Different Digital Content Marketing on Consumer Engagement in The Tourism Sector. International Journal of Social Science and Business, 5(3), 443. https://doi.org/10.23887/ijssb.v5i3.38109

Kurnianti, A. W. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Penggerak Desa Wisata Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 180–190. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.24

Pratama, I. W. A. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Pemasaran Desa Wisata di Kepulauan Wakatobi. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(1), 27–32. https://doi.org/10.59025/js.v2i1.60

Ridwan, I., Dollo, A., & Andriyani, A. (2019). Implementasi Pendekatan Participatory Rural Appraisal pada Program Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 88–94.

Zhang, Y., & Prebensen, N. K. (2024). Co-creating with ChatGPT for tourism marketing materials. Annals of Tourism Research Empirical Insights, 5(1), 100124. https://doi.org/10.1016/j.annale.2024.100124




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: