Pemanfaatan Pangan Lokal Jamur Tiram sebagai Intervensi Gizi Sensitif Pencegahan Stunting di Kecamatan Barru Kabupaten Barru

Nurul Hikmah Baharuddin, Farizah Dhaifina Amran, Nurhidayati Islamiah

Abstract


Stunting merupakan masalah prioritas kesehatan global yang utama saat ini, yang dapat berdampak jangka panjang tidak hanya pada kesehatan anak, namun juga pada pertumbuhan ekonomi bangsa dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia, apabila diabaikan akan menjadi ancaman serius bagi masyarakat maupun pemerintah. Maka dari itu, hal ini membutuhkan intervensi multisektor. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai pemanfaatan pangan lokal yaitu jamur tiram yang dapat membantu dalam pencegahan stunting, selain itu juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Dusun Palakka. Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh kelompok Anak Kaki Gunung (AKG) yang dilaksanakan di bulan Agustus 2024, kolaborasi UMI dan STIE Tri Dharma Nusantara Makassar dan didukung oleh DRTPM Kemendikbud. Kegiatan ini meliputi transfer pengetahuan kepada mitra mengenai manfaat jamur tiram untuk pencegahan stunting dan demontrasi pengolahan makanan berbahan dasar jamur tiram. Metode yang digunakan untuk mengukur keberhasilan kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu dengan melakukan pre dan post test untuk mengukur tingkat pemahaman masyarakat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta terlihat antusias dengan adanya kegiatan ini karena mendapatkan wawasan baru mengenai pemanfaatan dan pengolahan jamur tiram. Harapannya kegiatan ini dapat berkelanjutan tidak hanya khususnya di Dusun Palakka, namun juga di di dusun-dusun lainnya di seluruh Desa Palakka.

Keywords


pengabdian, masyarakat

References


Baharuddin, Nurul Hikmah, Asmayanti, Fitriyani Umar, and Nur Hidayati Islamiah. 2023. “Edukasi Pencegahan Stunting Pada Anak Melalui Pengolahan Ikan Teri Di Desa Kupa Kabupaten Barru.” MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 6: 3566–72.

Kab.Barru, Dinkes. 2022. Daftar Nama Baduta Stunting Desa.

Kemenkes RI. 2022. “Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022.” Kemenkes: 1–150.

Maryana, Yayan, Nindya Sekar Mayuri, Ayu Asifadilah, and Nyoman P.A. 2020. “Pangan Mikroprotein Untuk Pertumbuhan Balita Dalam Menanggulangi Stunting.” Jurnal Inkofar 1(1): 1–23.

Migang, Yena Wineini, and Alfeus Manuntung. 2021. “Pencegahan Stunting Pada Balita Dengan Membuat Raport Gizi Sebagai Screening Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Paud).” JPKM : Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat 2(1): 84–91.

Mudatsir, Rasdiana, and Sumarni. 2023. “Pencegahan Stunting Melalui Kegiatan Gemar Makan Dan Buah Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(2): 3758–62.

Pratama, Rafly Henend et al. 2022. “Upaya Pemerintah Dalam Pencegahan Stunting.” Upaya Pemerintah Dalam Pencegahan Stunting 2(2): 25–33.

Purbowati, Mustika Ratnaningsih, Ira Citra Ningrom, and Ratna Wulan Febriyanti. 2021. “Gerakan Bersama Kenali, Cegah, Dan Atasi Stunting Melalui Edukasi Bagi Masyarakat Di Desa Padamara Kabupaten Purbalingga.” AS-SYIFA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat 2(1): 15.

Susanti, Puspita Dwi, and Renny Oktafia. 2023. “Sosialisasi Olahan Jamur Tiram Dalam Rangka Peningkatan Pengetahuan Di Desa Sumbersuko.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara 4(3): 1971–77.

Valeriani, Devi, Dian Prihardini Wibawa, Revy Safitri, and Rion Apriyadi. 2022. “Menuju Zero Stunting Tahun 2023 Gerakan Pencegahan Dini Stunting Melalui Edukasi Pada Remaja Di Kabupaten Bangka.” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat) 2(2): 84–88.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: