Upaya Penanganan Anak Tidak Sekolah Melalui Pembuatan SK KMPP dan RADes di Desa Treko Kecamatan Mungkid

Susi Widyaningsih, Ummu Habibah, Sheva Angelin, Lilia Indriani

Abstract


Putusnya pendidikan menjadi permasalahan yang cukup serius bagi suatu negara karena pendidikan merupakan aspek utama dalam keberhasilan negara. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah menetapkan program wajib belajar selama 12 tahun, namun di Desa Treko mengalami permasalahan berupa putusnya sekolah atau terdapat anak tidak sekolah yang berjumlah empat anak dikarenakan beberapa penyebab yang berbeda. Penyebab tersebut menjadi faktor anak tidak dapat memperoleh pendidikan yang layak. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi tingkat anak tidak sekolah di Desa Treko dengan beberapa upaya penanganan yang dilakukan bersama perangkat desa. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode penelitian kualitatif yang terdiri dari observasi dan wawancara. Hasil penelitian berupa terbentuknya SK (Surat keputusan) dan rencana aksi desa (RADes) yang bertujuan untuk mengurangi tingkat anak putus sekolah dan membantu pihak-pihak yang terlibat untuk lebih bertanggung jawab dalam upaya penanganan anak tidak sekolah. Upaya yang dilakukan diharapkan dapat membantu anak-anak mendapatkan pendidikan yang layak sehingga kehidupan yang lebih berkualitas dapat terpenuhi sebagaimana mestinya.

Keywords


Pendidikan, Putus Sekolah, Upaya Penanganan

References


Abdullah, I. (2020). Pengaruh Likuiditas dan Leverage Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Makanan dan Minuman. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 16-22.

Creswell, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Gunarsa, S. D. (1982). Dasar dan teori perkembangan anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Ioana, M. I., Anda, M. I., Cornelia, P., & Mariana, C. R. (2015). School Dropout – A Social Problem in Romania. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 623-628.

Mujiati, Nasir, & Ashari, A. (2018). Faktor-faktor penyebab siswa putus sekolah. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan.

Nurhidayah, Rustiyarso, & Imran. (2017). Analisis pada Anak Putus Sekolah di Desa Sabing Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan.

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kemampuan komunikasi interpersonal guru. urnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 190-198.

Suprijanto. (2009). Pendidikan orang dewasa dari teori hingga aplikasi. Jakata: Bumi Aksara.

Wassahua, S. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab anak putus sekolah di kampung wara negeri hative kecil kota ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, , 204-224.

Yuli Supriani, R. T. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 332-338.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: