Strategi Pengembangan Ekonomi Desa Margacinta melalui Integrasi Objek Wisata Lokal dan Produk Desa

Apip Supriadi, Dwi Hastuti Lestari Komarlina, Rifky Wahyu Ramadhan, Gusti Tia Ardiani, Dian Kurniawan

Abstract


Pariwisata memiliki dampak signifikan pada aspek sosial, lingkungan, dan ekonomi masyarakat, terutama di daerah pedesaan. Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, merupakan salah satu desa dengan potensi wisata alam yang besar, seperti body rafting, wisata edukasi mangrove, serta produk lokal asli desa seperti madu budidaya, dodol singkong, dan lain lain. Namun, promosi yang kurang optimal dan belum terintegrasinya objek wisata dengan produk lokal menjadi salah satu penyebab rendahnya kunjungan wisatawan ke Desa Margacinta. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan masukan pengembangan ekonomi Desa Margacinta melalui integrasi objek wisata lokal dan produk asli desa. Metode yang digunakan adalah Participatory Rural Appraisal (PRA), yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam identifikasi masalah, penyusunan solusi, dan evaluasi. Dalam kegiatan pengabdian ini disampaikan bahwa integrasi antara wisata alam dan produk lokal dapat meningkatkan daya tarik wisatawan dan pendapatan masyarakat jika didukung dengan strategi promosi yang efektif. Beberapa strategi promosi yang disarankan meliputi pemanfaatan media sosial, kerja sama dengan influencer, dan pembuatan paket/bundling wisata dengan produk lokal. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas Desa Margacinta, bisa menarik lebih banyak wisatawan, dan pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat desa secara berkelanjutan. Disarankan perlu adanya dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah daerah, serta pelatihan bagi generasi muda dalam memanfaatkan media sosial untuk turut serta mempromosikan desa.

Keywords


pariwisata, desa margacinta, integrasi, produk lokal, strategi promosi.

References


Arifudin, O. (2020). Manajemen Desa Wisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Desa Cibuluh Tanjungsiang Kabupaten Subang. Jurnal Al-Amar: vol.1, no.1, hal.1-7.

Asnuryati, A. (2023). Strategi Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan di Desa: Mendorong Pemberdayaan Komunitas dan Kemandirian Ekonomi Lokal. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2175–2183. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.529

Atmaja, H.E. & Ratnawati, S. (2020). Pengembangan Pariwisata Melalui Integrasi Perencanaan Sumber Daya Manusia dengan Perencanaan Strategis Objek Wisata Taman Bunga Manohara. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 3(1), 49-69. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v3i1.73

Hanapia, A. Y., dkk. (2023). Establishment of Eduwisata as a Business Support of Honeybee Center in Margacinta Village, Pangandaran Regency. Abdimas Galuh: Volume 5, Nomor 1, Maret 2023, 155-161. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.9138

Hidayah F.F. dkk. (2024). Pengelolaan Potensi Desa Wisata: IntegrasiPengetahuan, Keterampilan dan Sikap Masyarakat Indrokilo Desa Lerep. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia: Vol.3, No.1, hal.58-64. https://doi.org/10.26714/jipmi.v3i1.231

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2024). Ekonomi Kreatif: Rencana Aksi Jangka Menengah 2015-2019. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kevin, J. (n.d.). Pengertian Integrasi. Selasar. [Online] https://www.selasar.com/pengertian-integrasi/ [diakses: 10 Agustus 2024]

Khoiruddin A.R. dkk. (2021). Optimasi pariwisata kreatif berbasis integrasi potensi lokal Desa Puntukrejo untuk mewujudkan sustainable development goals desa. Unri Conference Series: Community Engagement, Vol.3. https://doi.org/10.31258/unricsce.3.652-657

Kompepar (Kelompok Masyarakat Penggerak Pariwisata) Desa Margacinta. (n.d.). Profil Desa Wisata Alam dan Budaya Desa Margacinta. [Diperoleh: 17 Juli 2024]

Limanseto H. (2021). Pembangunan Kepariwisataan Melalui Pengembangan Desa Wisata Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. 08 Desember 2021, [Online]. https://ekon.go.id/publikasi/detail/3520/pembangunan- [diakses: 21 Maret 2024]

Panudju, A. T., & Nopianti, R. (2023). Integration of Tourism Promotion in Cikolelet-Serang Village via Website. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 4(3), 141–148. https://doi.org/10.37010/kangmas.v4i3.1443

Ridwan, I., Dollo, A., & Andriyani, A. (2019). Implementasi Pendekatan Participatory Rural Appraisal pada Program Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 88-94. https://doi.org/10.15294/jnece.v3i2.34913

Turmudi H. (2017). Desa Dan Otonomi Asli (Studi tentang Perangkat Desa Menuju Terciptanya Desa yang Berotonomi Asli). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wahyudin, A. dkk. (2021). Pemanfaatan Multimedia Dalam Pengembangan dan Promosi Potensi Desa Wisata Adiluhur Kebumen. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol.4, No.1, hal. 154-162. http://dx.doi.org/10.30651/aks.v5i2.3988




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: