Edukasi Integrated Drive Generator pada Sistem Kelistrikan Pesawat Terbang Bagi Siswa di SMK Penerbangan AAG Adisutjipto

Paulus Setiawan, Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, Denny Dermawan, Benedictus Mardwianta, Fajar Khanif Rahmawati

Abstract


Para siswa SMK pasti memiliki keinginan untuk nantinya dapat berkarya didunia industri dan salah satu contohnya adalah industri penerbangan. Akan tetapi banyak dari para siswa akan sulit untuk memahami dunia industri penerbangan ini dikarenakan adanya keterbatasan dalam wawasan dunia tersebut. Pada sistem kelistrikan pada pesawat terbang, terdapat beberapa sistem yang perlu dipelajari secara khusus dan salah satu contohnya adalah Integrated Drive Generator (IDG). Sistem IDG ini sangat penting untuk dipelajari dikarenakan dengan sistem ini maka frekuensi generator pada pesawat akan tetap berputar pada kecepatan yang konstan meskipun kecepatan pada mesin utama pesawat terbang berubah-ubah setiap saat.  Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan edukasi tentang IDG pada sistem kelistrikan pesawat terbang kepada siswa SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan pemberian edukasi tentang dunia avionik penerbangan dengan beberapa modul sebagai sarana pembelajaran. Untuk mendapatkan umpan balik dari peserta, tim pengabdian membagikan kuesioner. Para peserta menunjukkan antusiasme yang besar selama kegiatan sehari penuh dan dapat memahami materi yang diberikan oleh pemateri. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa kegiatan ini berhasil menambah dan memperluas pengetahuan siswa tentang IDG dalam sistem kelistrikan pesawat terbang.

Keywords


Pengabdian Masyarakat

References


Kusumaningrum, M. A. D., & Pertiwi, D. R. (2020). Improving Students’Vocabulary Mastery Using Plickers For Electrical Avionic Department. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1095-1106.

Madonna, V., Giangrande, P., & Galea, M. (2018). Electrical power generation in aircraft: Review, challenges, and opportunities. IEEE Transactions on Transportation Electrification, 4(3), 646-659.

Setiawan, P. (2018). Improvement of Electrical Power System Dynamic Stability Using Fuzzy Logic. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Kedirgantaraan (SENATIK) (pp. 303-312). Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta.

Setiawan, P., Yunisa, F. R., & Sudibya, B. (2022). Estimasi Karakteristik Operasional Generator Sinkron Tiga Fase Melalui Pemodelan Parameter Berbasis Metode Derivasi Konstanta waktu. Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 24(4), 142-152.

Kennett, R. J. (1971). Integrated drive generators for aircraft. Electronics and Power, 17(2), 73-76.

Tantawy, A., Koutsoukos, X., & Biswas, G. (2012). Aircraft power generators: hybrid modeling and simulation for fault detection. IEEE Transactions on Aerospace and Electronic Systems, 48(1), 552-571.

Rahmawati, F. K., Funny, R. A., Mulyani, S., & Priyahapsara, I. P. (2023). Pengenalan regulasi penerbangan indonesia pada siswa SMK di Kulon Progo. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(3), 313-320.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.15995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: