Strategi Produk UMKM di Desa Mandalamekar Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Eti Suminartika, Rani Andriani Budi Kusumo, Hesti Nurul Utami

Abstract


Usaha kecil merupakan sumber lapangan kerja dan pendapatan bagi banyak penduduk di kita, salah satu kelemahan usaha kecil adalah  kurang mampu membuat produk yang kompetitif di pasar.  Tujuan kegiatan PKM  ini:. (1) Bagaiamana meningkatkan pengetahuan peserta akan pengembangan produk dan (2) Bagaimana meningkatkan keterampilan peserta dalam memvariasikan produk dan meningkatkan kualitas produk.  Kegiatan PKM dilaksanakan  dari 22 April sampai 22 Mei 2024 di bale Desa Mandalamekar kecamatan Cimenyan kabupaten Bandung.  Metoda yang digunakan adalah penyuluhan berupa ceramah, diskusi dan praktek pengolahan makanan. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta di analisis melalui tes awal dan tes akhir, peningkatan pengetahuan peserta di analisis  secara statistik dengan menggunakan uji t berpasangan pada tarap nyata 5 persen. Peningkatan keterampilan diukur dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil kegiatan menunjukkan: Pengetahuan peserta tentang strategi produk yang meliputi peningkatan variasi produk, peningkatan kualitas dan ukuran produk meningkat dari yang nilainya 60% menjadi 95%, hasil uji statistik terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan.  Keterampilan peserta akan memvariasikan dan meningkatkan kualitas produk meningkat dari kurang trampil menjadi trampil.

Keywords


Variasi produk, Usaha kecil, Keterampilan, Kualitas produk.

References


Abdillah, W., & Herawati, A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(2), 309–325. https://doi.org/10.25139/jai.v2i2.1338

Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2009). Pedoman Standar Kelayakan Kemasan Produk KUKM, Jakarta: Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Kotler, Philip., and Gary Amstrong. (2010). Priciple of Markrting. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip,. & Keller. K.L. (2006). Marketing Management, 12th Edition, International Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip. (2010). Marketing 3.0, Mulai dari Produk ke Pelanggan ke Human Spirit. Jakarta: Erlangga.

Mann, Prem, S. (2010). Introductory Statistics. Hoboken: Jhon Wiley & Sons, Inc. https://drive.uqu.edu.sa/_/mskhayat/files/MySubjects/20178FS%20Elementary%20Statistics/Introductory%20Statistics%20(7th%20Ed).pdf

Mendrofa, Yupiter. (2021). Pengaruh Strategi Produk Terhadap Peningkatan Penjualan pada UD. Vian Jaya Kota Gunungsitoli. Jurnal EMBA 9 (2): 13-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.16015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: