Transformasi Digital dalam Sistem Informasi Akuntansi dan Pemasaran Desa Tanjung Baru

Nisrinasari Nisrinasari, Budi Setiawan, Vhika Meiriasari, Hendry Natanael Gumarno

Abstract


Transformasi digital dalam sistem informasi akuntansi dan pemasaran telah menjadi kebutuhan mendesak bagi desa-desa di Indonesia untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing. Desa Tanjung Baru, yang sebelumnya mengandalkan metode konvensional dalam pengelolaan akuntansi dan pemasaran, menghadapi tantangan dalam adaptasi teknologi baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi sistem informasi akuntansi digital dan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi serta memperluas pasar produk lokal. Metode yang digunakan mencakup analisis kebutuhan desa, pelatihan penggunaan sistem akuntansi digital, dan strategi pemasaran digital. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan masyarakat desa dalam mengelola keuangan secara digital serta memasarkan produk mereka melalui platform digital. Pelatihan dan pendampingan berhasil meningkatkan keterampilan peserta, meskipun masih terdapat tantangan terkait infrastruktur digital dan literasi teknologi. Kesimpulannya, transformasi digital ini memberikan dampak positif bagi Desa Tanjung Baru dan dapat menjadi model bagi desa lain dalam implementasi teknologi digital. Dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak sangat penting untuk memastikan keberhasilan dan pertumbuhan program.

Keywords


Transformasi digital, sistem informasi akuntansi, pemasaran digital

References


Babys, S. A. M., Prayitno, E., & Benu, E. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pengembangan Desa Digital Di Indonesia. Jurnal Oratio Directa, 6(1), 1098–1118.

Kaharuddin, Maulidani, Y., Mihani, Saiful, & Matiin, N. (2024). Implementasi Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM di Kecamatan Sanggatta Utara, Kalimantan Timur. Kolaborasi : Jurnal Hasil Kegiatan Kolaborasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 56–71.

Mahmud, M. (2022). Pemanfaatan Media Sosial & E-Commerce Guna Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pada Masa Pandemi. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 02(01), 20–28.

Maulida, S., Hamidy, F., & Wahyudi, A. D. (2020). Monitoring Aplikasi Menggunakan Dashboard Untuk Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Dan Penjualan (Studi Kasus : Ud Apung). Jurnal Tekno Kompak, 14(1), 47–53.

Mayasari, R., Febriantoko, J., Putra, R. R., Hadiwijaya, H., & Kurniawan, D. (2022). Digitalisasi Desa: Pilar Pembangunan Ekonomi Desa. Penerbit Nem.

Putra, G. H., & Sophian, S. (2024). Akuntansi Berbasis Digital Di Pemerintahan Dan Pemanfaatannya Untuk Perkembangan UMKM. Jurnal Pengabdian KBP, 02(01), 97–110.

Rauf, R., Syam, A., & Randy, M. F. (2024). Optimalisasi Transformasi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Indonesia. Bongaya Journal of Research in Management, 7(1), 95–102.

Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI : Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Solechan, A., AP, T. W., & Hartono, B. (2023). Transformasi Digital Pada UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar. Jurnal Informatika Upgris, 9(1), 7–12.

Yolanda, S., Shaddiq, S., Faisal, H., & Kurnianti, I. (2023). Peran Manajemen Keuangan Digital Dalam Pengelolaan Keuangan Pada Umkm Di Banjarmasin. Indonesian Red Crescent Humanitarian Journal, 2(1), 23–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.16047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: