Optimalisasi Kompetensi Pedagogis Guru Melalui Pelatihan Penyusunan Modul Ajar dalam Kerangka Kurikulum Merdeka di Pangandaran

Andoyo Sastromiharjo, Isah Cahyani, Asep Hidayatullah, Wulan Handayani, Rahmah Fauziyah

Abstract


Pelatihan penyusunan modul ajar bagi guru-guru Bahasa Indonesia SMP di Pangandaran, yang berlangsung pada tanggal 24-25 Agustus 2024, telah berhasil memperkenalkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka yang menitikberatkan pada pendidikan inklusif dan adaptif. Kegiatan ini, yang dirancang sebagai bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat, dihadiri oleh 55 peserta dari berbagai SMP se-Kabupaten Pangandaran. Dengan menggunakan metode ceramah, diskusi kelompok, dan sesi praktik, pelatihan ini telah meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menyusun modul ajar yang tidak hanya efektif, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar siswa dengan integrasi elemen budaya lokal dan teknologi digital. Evaluasi pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta tentang Kurikulum Merdeka, dengan skor rata-rata pre-test dan post-test yang meningkat dari 60% menjadi 85%. Hal ini menandakan keefektifan pelatihan tidak hanya memperkuat kapasitas pedagogis para guru, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk mengimplementasikan pendidikan yang lebih dinamis dan relevan. Kesuksesan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang responsif dan inovatif dalam era pendidikan modern.

Keywords


modul ajar, kurikulum Merdeka, kompetensi pedagogis

References


Concina, E. (2022). The Relationship between Self- and Peer Assessment in Higher Education: A Systematic Review. Trends in Higher Education, 1(1), 41-55. https://doi.org/10.3390/higheredu1010004

Fitri, W., Mahdum, M., & Indrawati, H. (2023). Development of Social Science Teaching Modules in the Implementation of the Independent Curriculum at the Junior High School Level in Pekanbaru. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4). https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3576

Howson, C. K., & Kingsbury, M. (2023). Curriculum Change as Transformational Learning. Teaching in Higher Education, 28(8), 1847-1866. https://doi.org/10.1080/13562517.2021.1940923

Huang, Y., & Liang, P. (2024). Information Technology-Integrated Curriculum and Distance Learning During COVID-19 Pandemic in Preschool. Engineering Proceedings, 74(1), 9. https://doi.org/10.3390/engproc2024074009

Indarta, Y., et al. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Islam, Q., & Ali Khan, S. M. F. (2023). Integrating IT and Sustainability in Higher Education Infrastructure: Impacts on Quality, Innovation and Research. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(12), 210-236. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.12.11

Kim, J., Ottenbreit-Leftwich, A., & Castner, D. J. (2024). Beyond Teaching Computational Thinking: Exploring Kindergarten Teachers' Computational Thinking and Computer Science Curriculum Design Considerations. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-023-12406-z

Kudryashova, A., et al. (2016). Teacher’s Roles to Facilitate Active Learning. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(1), 460-466. http://dx.doi.org/10.5901/mjss.2016.v7n1p460

Lin, K.-C., Li, N.-T., & Chen, M.-Y. (2024). Sustainable Education on Improving the Quality of Peer Assessment: Design and Implementation of an Online Deep Learning-Based Peer Assessment System. Library Hi Tech. https://doi.org/10.1108/LHT-11-2023-0569

Mulyati, Y. et al. (2023). Pelatihan Literasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru di Kabupaten Garut. Abdimas Galuh. 5 (2), hlm. 1253-1260. http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i2.10684

Mulyasa, E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.16098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: