Wirausahawan Digital untuk Generasi Z

Genoveva Genoveva, Eka Srirahayu Ariestiningsih

Abstract


Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat di seluruh dunia, termasuk Indonesia mendorong penggunaan internet. Generasi Z adalah generasi yang sejak lahir telah bersinggungan dengan teknologi digital, namun pemanfaatannya lebih banyak untuk kegiatan hiburan seperti sosial media, menonton film streaming berbayar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah/ perkuliahan. Mahasiswa Fakultas Kesehatan Muhammadyah Gresik, yang sedang mengambil mata kuliah Kewirausahaan memerlukan pengetahuan tambahan mengenai bagaimana berwirausaha secara digital, sehingga sebagai Gen Z setelah lulus kuliah, mereka dapat meemulai bisnisnya secara digital. Karena berbisnis secara digital lebih memudahkan Gen Z yang telah akrab dengan dunia digital dan memerlukan permodalan lebih kecil. Berdasarkan kerjasama yang tekah terjalin antara Fakultas Kesehatan UMG dengan Fakultas Bisnis President University, mereka menyepakati bahwa pembicara webinar akan disediakan oleh President University. Pelaksanaan webinar menggunakan tiga tahapan, pertama adalah tahap persiapan dan perumusan masalah, kemudian tahap pelaksanaan webinar dan terkahir adalah evaluasi serta pembuatan laporan pelaksanaa. Pada akhir sesi webinar disebarkan feedback online untuk mengetahui pelaksanaan webinar. Hasil pelaksanaan menunjukkan hasil yang Sangat Baik, sehingga webinar ini dapat dilaksanakan pada kesempatan yang akan datang.

Keywords


Bisnis Digital; Generasi Z; Digital entrepreneur; Kewirausahaan

References


Francis, T., & Hoefel , F. (2018). True Gen: Generation Z and its implications for companies. Mckinsey. Available at: https://www.mckinsey.com/industries/consumer-packaged-goods/our-insights/true-gen-generatio n-z-and-its-implications-for-companies (retrived on August 5th 2021).

Genoveva, G. (2022). Tiktok Platform Opportunity: How Does It Influence SMEs Brand Awareness Among Generation Z? Sriwijaya International Journalof Dynamic Economics and Business, 5(3), 272-282.

Genoveva, G. (2022b). Membangun Start-Up dan Etika Bisnis Technopreneurship di Era Digital. In G. Genoveva, Technopreneurship: Inovasi Bisnis di Era Digital (pp. 203-226). Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Kusumawardhani, K., Widianto, H. A., & Tambunan, J. G. (2023). The role of gamification, social, hedonic and utilitarian values on e-commerce adoption. Spanish Journal of Marketing-ESIC, 27(2), 158-177.

Perwita, D. (2021). Telaah Digital Entrepreneurship: Suatu Implikasi Dalam Mengatasi Permasalahan Ekonomi. Jurnal Promosi, 9(2), 40-51.

Riyanto, G., & Pertiwi, W. K. (2024, Pebruari 04). Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta, Didominasi Gen Z . Retrieved August 2024, from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2024/02/01/09300027/pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-didominasi-gen-z

Sonny, S., Manurung, S. P., Genoveva, F., Syahrivar, J., & Fortuna, D. (2023). Pembelajaran Online Marketplace sebagai bekal Kewirausahaan bagi Siswa SMK Informatika Amanah Bangsa, Cikarang. Abdimas Galuh, 5(2), 1277-1287.

Widyanto, H., Syahrivar, J., Genoveva, G., & Chairy, C. (2022). Intention to use peer-to-peer (P2P) lending: The roles of perceived structural assurance and perceived critical mass. Organizations and Markets in Emerging Economies, 13(1), 183-208.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.16186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: