Penyuluhan Rancangan Pelabelan dan Pengemasan Produk Pangan Oluo Sebagai Oleh-Oleh Khas Desa Kuok, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau

Rahmayuni Rahmayuni, Anita Tri Cahyani, Nurladitauli Simanjuntak, Eva Dian Wahyuni, Nazwa Aqira, Ariko Fauzi, Nourman Dwi Cahyadi, Diah Ayu Purtala Dewi, Atika Wardani, Khoirul Ahmad Wahyudi, Jeriando Jaya Prido Situmorang

Abstract


Oluo merupakan makanan lokal yang diturunkan dari budaya leluhur yang diperoleh dari proses penggilingan Tobu. Sebagai makanan lokal, Oluo memiliki nilai budaya yang kaya dan unik. Pengemasan dan pelabelan merupakan faktor penting penunjang penampilan produk. Desain label kemasan diharapkan juga dapat mencerminkan filosofi produk seperti Oluo. Penggunaan unsur budaya seperti simbol, warna, pola dan bahasa dalam desain kemasan dapat memberikan rasa identitas yang kuat sehingga membangkitkan minat konsumen. Di era globalisasi, upaya melestarikan keanekaragaman budaya dan mempromosikan produk lokal harus dihormati dan diberdayakan. Melalui desain kemasan yang cerdas dan berkelanjutan. Oleh karena itu, produk lokal dapat secara kuat mewujudkan identitas budaya yang berharga dan memberikan kontribusi positif terhadap pengakuan ekonomi dan budaya di tingkat nasional dan internasional. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan produksi oluo di menyebarkan budaya lokal kepada masyarakat luas dengan modifikasi kemasan dan label produk oluo.

References


Meherawati, T. Rahayuni, dan L. Hartanti. 2023. Aplikasi Teknik Pengemasan Vakum untuk Meningkatkan Masa Simpan Produk Hasil Perairan dan Peternakan. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM).7(03): 2089-2098.

Nurmaningsih dan D. N. Naelasari. 2023. Inovasi Bahan Pangan Lokal Menjadi Pmt Untuk Meningkatkan Keterampilan pada Ibu Balita di Perumahan Lingkar Permai Mataram. Jurnal Abdinesia. 3(1): 15-20.

Nurfaridza, R dan E. K. Sijabat. 2020. Aplikasi Bacterial Cellulose dari Limbah Pisang untuk Mengurangi Penggunaan NBKP sebagai Bahan Baku Base Paper Baking Paper. Jurnal Vokasi Teknologi Industri (JVTI). 2(2): 1-7.

Herudiansyah, G. 2019. Penyuluhan Pentingnya Label pada Kemasan Produk dan Pajak pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2): 84-89.

Safirin, M.T., D. Samhudi., F. Aryanny, dan E. Pudji. 2023. Pemanfaatan Teknologi Packaging untuk Meningkatkan Kualitas dan Keamanan Produk Pangan Lokal. Jurnal Abdimas Peradaban. 4(1): 31-41.

Septya, F., Yendi, Y., Dermawan, O. M., & Riau, U. (2021). Melestarikan Tradisi Manggelek Sebagai Tradisi Budaya Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Journal Of Community Services Public Affairs. 1(4), 116–120.

Soesanto, L. A., Tanudjaja, B. B., B, B. S., Studi, P., Komunikasi, D., Seni, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2014). Perancangan Desain Kemasan Gula Aren Tradisional Produksi Desa Margolelo Rowoseneng. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(4), 1–12. http://Publication.Petra.Ac.Id/Index.Php/Dkv/Article/View/2016

Suparman, A., S. Rohmah, dan A. Awaludin. 2023. Pengaruh Desain, Lebel, dan Kemasan Terhadap Mutu Produk Olahan dan Memanfaatkan E-Commerce dalam Memasarkan Makanan di Desa Kalentambo. JKPEMASFIA. 1(1): 18.

Suraya, F., Maharani, D. G., Rachmawati, H., Putri, D. M. Y., dan Sari, R. A. (2021). Peran Digital Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktivitas Umkm di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Jurnal Puruhita. 3(2): 52–58. https://Doi.Org/10.15294/Puruhita.V3i2.53100




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v6i2.16188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: