Penguatan Pendidikan Karakter dalam Manajemen Kurikulum Sekolah Dasar Berbasis Teknologi Digital di SDIC Bunda Tami Kabupaten Tasikmalaya Strengthening Character Education in Curriculum Management of Elementary Schools Based on Digital Technology at SDIC Bunda Tami, Kabupaten Tasikmalaya

Agus Mulyanto, Ruhana Afifi, Mulatsih Sri Utami, Iyus Yuswara, Asep Hamjah Taupik

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didasari oleh pentingnya integrasi nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran yang sejalan dengan perkembangan era digital. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pendidikan karakter dalam manajemen kurikulum Sekolah Dasar (SD) melalui pemanfaatan teknologi digital di SDIC Bunda Tami, Kabupaten Tasikmalaya. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan, pendampingan, dan workshop. Kegiatan ini dirancang untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam manajemen kurikulum, serta penggunaan media digital sebagai alat bantu pembelajaran berbasis teknologi digital. Rangkaian kegiatan diawali dengan koordinasi dan pemetaan kebutuhan sekolah melalui observasi dan wawancara. Selanjutnya, dilaksanakan pelatihan dan workshop yang membahas strategi penguatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran, penyusunan rencana pembelajaran yang berbasis karakter, serta pemanfaatan media digital interaktif dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini juga mencakup sesi praktik langsung dan pendampingan kepada guru-guru dalam menyusun rencana pembelajaran digital yang memuat integrasi pendidikan karakter. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta kuisioner refleksi di akhir kegiatan untuk mengukur dampak dan keberlanjutan program. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan workshop, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman guru mengenai pentingnya pendidikan karakter dalam konteks implementasi kurikulum SD berbasis teknologi digital. Para peserta menunjukkan antusiasme dan keterlibatan aktif selama pelatihan, terutama dalam sesi pengembangan media pembelajaran digital berbasis nilai-nilai karakter. Kegiatan ini juga berdampak positif terhadap keterampilan guru dalam merancang serta mengaplikasikan media pembelajaran digital. Sebagai bentuk keberlanjutan, workshop ini menghasilkan komitmen bersama dari para peserta untuk mengintegrasikan media yang telah dirancang ke dalam proses pembelajaran di kelas secara bertahap dan konsisten.

Keywords


pendidikan karakter, manajemen kurikulum SD, media teknologi digital

References


Afandi, K., Hendracipta, N., & Yandari, I. A. V. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Google Slides Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 9(1), 41–54. https://doi.org/10.22437/gentala.v9i1.33122

Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Jakarta: Sekretariat Negara.

Mardhatillah, M., & Kustiawati, D. (2020). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 45–52. https://doi.org/10.1234/jpd.v8i1.6789

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109

Nasution, W. N. A., & Sari, R. M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Canva dan Wordwall Terhadap Minat dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JIIP), 5(11), 4644–4648. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1104

Ningsih, A. R., & Wahyuni, M. (2021). Penggunaan Media Digital Dalam Pembelajaran Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 123–130. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i2.12345

Nissa, D., & Admelia, R. (2022). Analisis Penggunaan Media Canva dan Wordwall pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan Kelas VIII di SMP Negeri 2 Jongkong. Al 'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 15–25. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/article/view/1135

Nurafiati, S., Rahayu, T., Sugiharto, S., & Pramono, H. (2021). Strategy for Strengthening Character Education in Physical Education Learning at Makassar City Elementary Education Level. Journal of Hunan University Natural Sciences, 48(6), 311–320. https://jonuns.com/index.php/journal/article/view/622/619

Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355

Sutarna, N., Cahyati, N., Heriyana, T., Anggraeni, D., & Lestari, I. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dan Keteladanan K.H Ahmad Dahlan pada Siswa Usia 6–8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2506–2518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2167




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.19079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: