Inovasi Pemasaran UMKM dengan Teknologi Artificial Intellegence (AI) pada UMKM Desa Warnasari, Kabupaten Bandung

Badie Uddin, Aprilia Sulistyohati, Nisa Raudatul Janah, Jajat Sudrajat, Alfin Khaira

Abstract


Penerapan teknologi AI yang berkembang saat ini sangat membantu dalam mendukung kemajuan UMKM di berbagai bidang termasuk dalam bidang pemasaran. Dengan memanfaatkan Teknologi AI dapat membantu UMKM yang terkendala dengan desain produk dan pemasaran secara online dan juga pengumpulan dan analisis data konsumen. Penggunaan AI juga dapat memberikan personalisasi dan rekomendasi, mengotomatisasi layanan pelanggan, memprediksi tren dan perilaku konsumen juga mengoptimalkan iklan dan konten pemasaran. PkM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM di Desa Warnasari, Kabupaten Bandung dalam pemanfaatan AI untuk pemasaran digital. AI marketing menjadi suatu metode yang dapat memudahkan dalam melakukan kegiatan pemasaran. Dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan seperti machine learning dapat memudahkan dalam menjangkau pelanggan agar tecapai tujuan pemasaran. Peningkatan penjualan, interaksi pelanggan, dan kepuasan peserta juga tercatat sebagai indikator keberhasilan kegiatan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mempercepat transformasi digital UMKM serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

References


Abduh, T., Remmang, H., Abubakar, H., & Karim, A. (2024). Entrepreneurship and MSME market orientation toward creative industries: Society Era 5.0 in Makassar city. Asian Economic and Financial Review. https://doi.org/10.55493/5002.v14i2.4964

Akbar, M., Sonni, A. F., Suhasman, S., Adawiyah, S. R., & Herald, Y. I. (2023). Correlation between Social Media Utilization and the Young Generation’s Online Shopping Behavior in Eastern Indonesia. Studies in Media and Communication. https://doi.org/10.11114/smc.v11i7.6223

Jain, V., Wadhwani, K., & Eastman, J. (2023). Artificial intelligence consumer behavior: A hybrid review and research agenda. Journal of Consumer Behaviour. https://doi.org/10.1002/cb.2233

Jutel, M., Zemelka-Wiącek, M., Ordak, M., Pfaar, O., Eiwegger, T., Rechenmacher, M., & Akdis, C. (2023). The artificial intelligence (AI) revolution: How important for scientific work and its reliable sharing. Allergy, 78. https://doi.org/10.1111/all.15778

Kurniadi, K., Ibrahim, S., Badruzzaman, B., & Purnama, H. (2022). Small and Medium Enterprises Business Model in Indonesia. Journal of Economics and Business. https://doi.org/10.31014/aior.1992.05.03.444

Lokollo, L. (2025). Harnessing Social Media for Independent Learning: Insights from Higher Education Students. Journal of Ecohumanism. https://doi.org/10.62754/joe.v4i1.6219

Manickam, P., Mariappan, S. A., Murugesan, S., Hansda, S., Kaushik, A., Shinde, R., & Thipperudraswamy, S. (2022). Artificial Intelligence (AI) and Internet of Medical Things (IoMT) Assisted Biomedical Systems for Intelligent Healthcare. Biosensors, 12. https://doi.org/10.3390/bios12080562

Mehta, A. K., Srinivasan, A., Babu, G., Sharma, A., Thayumanavan, K., & Kumar, V. (2025). AI-Powered Marketing Analytics for Predicting Consumer Purchase Behavior. Journal of Information Systems Engineering and Management. https://doi.org/10.52783/jisem.v10i17s.2785

Mosqueira-Rey, E., Hernández-Pereira, E., Alonso-Ríos, D., Bobes-Bascarán, J., & Fernández-Leal, Á. (2022). Human-in-the-loop machine learning: a state of the art. Artificial Intelligence Review, 56, 3005–3054. https://doi.org/10.1007/s10462-022-10246-w

Nursini, N. (2020). Micro, small, and medium enterprises (MSMEs) and poverty reduction: empirical evidence from Indonesia. Development Studies Research, 7, 153–166. https://doi.org/10.1080/21665095.2020.1823238

Oğuz, A. (2024). Consumer Behavior in the Era of AI-Driven Marketing. Human Computer Interaction. https://doi.org/10.62802/h9frxh42

Rahmat, W., Tiawati, R., Kemal, E., Tatalia, R. G., Azri, H., & Wulandari, Y. (2023). How Do the Young People Picture Out Their Use, Activeness, and Connectivity on Social Media? A Discourse Analysis Approach. Journal of Communication Inquiry. https://doi.org/10.1177/01968599231174848

Salim, H., Daud, A., & Hanif, M. (2024). Using social media for teaching English during the COVID-19 pandemic: Lessons from Indonesia. South African Journal of Education. https://doi.org/10.15700/saje.v44n3a2247

Vaccaro, M., Almaatouq, A., & Malone, T. (2024). When combinations of humans and AI are useful: A systematic review and meta-analysis. Nature Human Behaviour, 8, 2293–2303. https://doi.org/10.1038/s41562-024-02024-1

Yazdani, A., Costa, S., & Kroon, B. (2023). Artificial intelligence: Friend or foe? Australian and New Zealand Journal of Obstetrics and Gynaecology, 63. https://doi.org/10.1111/ajo.13661




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.20139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: