Pendampingan Komunikasi Pemasaran dan Digital Branding untuk UMKM Tingkat Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Jaya Jaya, Agus Slamet Nugroho, Fahmi Alamsyah Idris, Amalia Rahayu, Cintami Atma Fazira

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam mendukung pengembangan pemasaran produk UMKM pemula melalui penerapan strategi komunikasi pemasaran dan digital branding. Kegiatan ini dirancang untuk menjawab tantangan UMKM pemula yang sering menghadapi keterbatasan dalam mengenalkan produk mereka kepada pasar yang lebih luas. Metode pelaksanaan program pelatihan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), pendekatan ini menekankan pada pemanfaatan aset dan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM mahasiswa. Pelaksanaan dalam pengabdian ini dilakukan melalui beberapa tahap yang meliputi teknik pelatihan dan program pendampingan, yaitu: 1. Pelatihan dan workshop, 2. Pembelajaran berbasis proyek, 3. Pengembangan strategi branding digital, 4. Pendampingan dan evaluasi program. Hasil Pelaksanaan PkM ini tidak hanya meningkatkan pemahaman peserta mengenai pemasaran digital, tetapi juga pembentukan Komunitas UMA (Usaha Mahasiswa) di UIN Sulthan Thaha Saifuddin, yang berfungsi sebagai platform kolaboratif untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam pemasaran dan branding digital, serta menyediakan mentoring dari pelaku UMKM yang berhasil, sehingga mendorong pertumbuhan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Hasil evaluasi menunjukkan tingginya kepuasan peserta terhadap kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi, menyusun strategi pemasaran, dan memahami kebutuhan konsumen.

Keywords


Komunikasi Pemasaran, Digital Branding, UMKM Pemula, Mahasiswa, Pemasaran Digital

References


Dwi Safitri, N., & Mudra, I. W. (2021). Perbandingan Motif Dan Pemasaran Batik Diusaha Ijen Batik Dan Batik Magenda Di Desa Tamanan Kabupaten Bondowoso. Hastagina: Jurnal Kriya Dan Industri Kreatif, 1(01), 58–65. https://doi.org/10.59997/hastagina.v1i01.59

Erwin, et al. (2024). PEMASARAN DIGITAL (Teori dan Implementasi) (Issue January). https://www.researchgate.net/publication/377638698

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1), 17–22.

Hendayani, R., Prasetio, A., Ariyanti, M., & Salim, D. F. (2024). Pelatihan Pemasaran Digital dan Branding sebagai Upaya untuk Meningkatkan Penjualan Produk Usaha di Desa Pulosari. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(2), 359–366. https://doi.org/10.54082/jamsi.1098

Khusnia, H. N., Muhlis, M., & Yohanes, Y. T. S. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital Pada UMKM di Desa Sigar Penjalin, Lombok Utara. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 6(1), 7. https://doi.org/10.36339/je.v6i1.517

Mahfirah, T. F., Rahmi, Haneul, Haura, T., & Putri, C. A. (2023). Pelatihan Product Branding Sebagai Optimalisasi Strategi Pemasaran Bagi Umkm. Sarwahita, 20(02), 131–141. https://doi.org/10.21009/sarwahita.202.2

Muli, T. F. F., Amri, & Jalaluddin. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kontribusi Umkm Dalam Pdb Indonesia. JIM EKP) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Syiah Kuala, 8(3), 2549–8363.

Naufal, M. F., & Aryanto, H. (2024). Visual Branding Umkm Minuman Sehat Ning Ais Di Sumenep Madura. Barik, 6(2), 174–183. https://doi.org/10.26740/jdkv.v6i2.63594

Ramadhani, A. T. A. & A. R. M. (2023). AKTIVASI GEN-Z TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM NELALUI DIGITALISASI, Studi kasus di Wilayah Kapanewon Moyudan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 23(2), 159–166.

Sampurna, A., Tandian, M., Huang, V., Florescia Simanjuntak, R., & Marta, R. F. (2020). Implementasi Total Branding dalam Perspektif Semiotika Pemasaran. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 59–73. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1384

Susanti, E., & Oskar, D. P. (2018). Strategi Branding dalam Membangun Ekuitas Merek UMKM (Studi Kasus: Pusat Oleh - Oleh Kota Padang). Ikraith Ekonomika, 1(2), 116–130. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/391/274




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.20366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: