E-Marketing on The Village: Pemanfaatan Facebook dan Whatsapp di Desa Bakulan

Ana Kumalasari, M. Farhan Ardiyansyah, Maefa Wulandari, Selvia Dwi Safitri

Abstract


Transformasi digital  telah mengubah cara pandang masyarakat sebagai pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya. Di zaman yang serba teknologi ini UMKM mau tidak mau harus beradaptasi dengan kebiasaan konsumen yang berubah ke teknologi digital daripada harus bertransaksi secara ofline. Penting  untuk mendorong para pelaku usaha agar mulai beradaptasi dengan e-marketing guna meningkatkan daya saing mereka. Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Bakulan dengan tujuan untuk mengenalkan dan mengoptimalkan pemanfaatan Facebook serta WhatsApp Bisnis sebagai alat pemasaran digital yang efektif. Program ini dirancang guna meningkatkan literasi digital pelaku usaha lokal dan membekali mereka dengan keterampilan praktis dalam promosi bisnis secara online. Melalui serangkaian sosialisasi kunjungan langsung ke tempat supaya lebih interaktif dan praktik langsung, peserta memperoleh pemahaman tentang cara membuat dan mengelola halaman Facebook serta profil WhatsApp Bisnis untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan kinerja usaha. Hasil pelaksanaan  menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan digital peserta, yang diharapkan dapat mendorong pengembangan ekonomi berkelanjutan di lingkungan pedesaan.

Keywords


Transformasi Digital, e-marketing, Facebook Bisnis, WhatsApp Bisnis, Pengabdian Masyarakat,

References


Adha, S. (2022). Faktor Revolusi Perilaku Konsumen Era Digital : Sebuah Tinjauan Literatur. Jipis, 31(2), 134–148. https://doi.org/10.33592/jipis.v31i2.3286

Baidowi, M. . (2021). Pengaruh Strategi E-Marketing Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Kompetitif, 10(1). https://doi.org/10.52333/kompetitif.v10i1.751

Budiwitjaksono, G. S., Putri, R. A., Anindiyadewi, N. C., Pamuji, A. S. A., & Anggrainy, N. P. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengembangkan UMKM Melalui Digitalisasi di Kelurahan Benowo Kecamatan Pakal Kota Surabaya. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 615–624. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.367

Dharmasetiawan, D., Aprilian, Y., Susanto, B. F., Maulana, R., & Widyawati, W. (2022). Mengoptimalisasikan C-Commerce Whatsapp Business Pada Pengusaha Kopra Putih (Gudang Kelapa Do’a Ibu) Tembilahan Kab. Indragiri Hilir Riau. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(2), 82–89. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i2.251

Fahlevie, R., Rapiudinsyah, A., Raffy, M., Alsha, A., Putra, D., Veronika, M., & Alie, J. (2024). Strategi Pemberdayaan Branding Dan Digital Marketing Bagi Umkm Menuju Ekonomi Digital Di Desa Petanang Kecamatan Lembak Provinsi Sumatera Selatan. Communnity Development Journal, 5(4), 7846–7853.

Helianthusonfri, J. (2016). Facebook Marketing. Elex Media Komputindo.

Olii, M. R., Pratiknjo, M. H., & Matheosz, J. N. (2020). Online Shop Sebagai Alternatif Berbelanja Masyarakat Kota Manado. HOLISTIK, Jurnal of Social Culture, 13(4), 1–18.

Puspa Sari, R., Teguh Santoso, D., & Puspita, D. (2020). Analisis Kesiapan Umkm Kabupaten Karawang Terhadap Adopsi Cloud Computing Dalam Konteks Industri 4.0. Jurnal Teknik Industri, 15(2), 63.

Sihombing, A., Meisien, M., Aini, N., Ekapardas, S., & Manukalia, Y. (2024). Peran Teknologi dan Inovasi Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital. EKOMA : Jurnal Ekonomi, 3(5), 179–185.

Sudiantini, D., Ayu, M. P., Aswan, M. C. A. S., Prastuti, M. A., & Apriliya Melani. (2023). Transformasi Digital : Dampak, Tantangan, Dan Peluang Untuk Pertumbuhan Ekonomi Digital. Trending: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen, 1(3), 21–30.

Turpyn, Juan Malik Frederick and Salsabila, I. (2020). Urgensi Media Digital Untuk Edukasi Dan Pemberdayaan Masyarakat UMKM Di Kota Bogor. In Digitalisasi dan Humanisme dalam Ekonomi Kreatif.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.20589

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: