Optimalisasi Potensi Siswa SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang melalui Asesmen Psikologi Minat Bakat, Pelatihan Soft Skill dan Karier

Laila Listiana Ulya, Hasna' Pratiwi Kuswardani, Shona Chayy Bilqisth, Achmad Farchan, Syam Widia

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini guna membantu siswa SMK mengenali minat, bakat, serta jalur karier yang sesuai melalui asesmen psikologi, pelatihan soft skill dan karier. Kegiatan dilaksanakan di SMK Islamic Centre Baiturrahman Semarang dengan melibatkan 63 siswa dari kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) serta Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT). Metode yang digunakan meliputi tahap koordinasi, analisis kebutuhan, asesmen psikologis (menggunakan alat tes RMIB untuk minat dan CFIT untuk intelegensi), serta pelatihan soft skill dan karier. Pelatihan soft skill difokuskan pada kemampuan adaptasi dan komunikasi efektif yang dikemas dalam bentuk ceramah, diskusi, permainan, serta simulasi peran (roleplay) berdasarkan konteks kerja nyata. Selain itu, pelatihan karier terdiri dari sesi career awareness yang juga melibatkan alumni, serta informasi career path dan praktik simulasi kerja di Teaching Factory Center Tech dan Islamic Center Bank. Evaluasi kegiatan melalui pre-test dan post-test, serta dokumentasi visual dan testimoni siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang jalur karier dan pentingnya mengenali potensi diri sejak dini. Kegiatan ini juga memperkuat sinergi antara sekolah dan dunia profesional untuk mendukung kesiapan kerja siswa.

Keywords


Asesmen Psikologi, Minat Bakat, Pelatihan Soft Skill, Karier, Pendidikan Vokasional

References


Fadli, R. P., Mudjiran, M., Ifdil, I., & Amalianita, B. (2019). Peluang dan tantangan bimbingan karir di sekolah menengah kejuruan pada era revolusi industri 4.0. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 102. https://doi.org/10.29210/120192395

Ismail, M. F., & Siswanto, I. (2018). Pelaksanaan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pencerahan : Media Kajian Pendidikan, 12(1).

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2006). Evaluating Training Programs (3rd edition). Berrett-Koehler Publisher, Inc.

Kuswanti, M. (2023). Pelaksanaan Bimbingan Karier dan Pilihan Pekerjaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Kuliner.

Puspitasari, D. R., Ariani, D., & Pangestu, D. R. (2025). Peran Bimbingan Karir Terpadu dalam Perkembangan Karir Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Profesional, 14(1).

Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).

Said, M., Alaidrus, A. J., & Badrun, B. (2024). Pengembangan Sumber Daya Manusia : Meningkatkan Soft Skill Siswa Untuk Kesiapan Dunia Kerja. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1923–1929. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2466

Slamet, S., & Sagirani, T. (2024). Peningkatan kesiapan kerja siswa SMK melalui pengembangan soft skills di SMKN 1 Sambeng Lamongan. Tekmulogi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.20677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: