Pengembangan Nilai Edukatif Berbasis Gender dengan Teknik Sosiodrama di Komunitas Literasi Untukmu Si Kecil Kelurahan Sumbersari Kabupaten Jember

Zahratul Umniyyah, Agustina Dewi Setyari, Agustina Dewi Setyari, Nurhadianty Rahayu, Nurhadianty Rahayu, Yanuaresti Kusuma Wardhani, Yanuaresti Kusuma Wardhani, Hadi Sampurna, Hadi Sampurna, Desi Aprilia, Desi Aprilia, Nurul Indah Rizki Amelia, Nurul Indah Rizki Amelia

Abstract


Penguatan nilai-nilai kesetaraan gender sejak dini merupakan langkah penting dalam membentuk generasi yang adil dan inklusif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan nilai edukatif berbasis gender melalui teknik sosiodrama pada anak-anak usia 7–14 tahun di Komunitas Literasi Untukmu Si Kecil (RB-USK), Kelurahan Sumbersari, Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif dengan model edukasi interaktif yang terdiri atas: (1) diskusi awal bersama pengurus komunitas untuk pemetaan karakter peserta; dan (2) pelaksanaan sosialisasi dan edukasi tentang peran gender, perbedaan jenis kelamin dan gender, serta pengenalan profesi tanpa batasan gender. Materi disampaikan melalui narasi sederhana, visual edukatif, dan dialog terbuka yang dilanjutkan dengan latihan sosiodrama sebagai bentuk penguatan nilai. Hasil kegiatan menunjukkan adanya respons positif dari anak-anak terhadap konsep peran gender yang fleksibel, ditandai dengan keberanian mereka dalam menyebutkan cita-cita tanpa hambatan stereotip. Anak laki-laki dan perempuan mulai menunjukkan pemahaman bahwa pekerjaan rumah, pilihan profesi, dan hobi bukanlah hak eksklusif berdasarkan jenis kelamin. Kegiatan ini juga memperkuat kapasitas pengurus komunitas dalam mengintegrasikan pendekatan literasi berbasis gender. Disarankan agar kegiatan lanjutan dilakukan secara berkesinambungan melalui pelatihan kreatif, pementasan, dan pembuatan media belajar yang ramah anak.

Keywords


children, gender, literacy, sociodrama, value education

References


Akhyari, D. (2023). PENTINGNYA EDUKASI GENDER PADA ANAK USIA DINI PADA RANAH INSTANSI PENDIDIKAN (Vol. 5, Issue 4).

Desintasari Handoko, A., Rahmawati, W. K., Mawaddati, I. R., Pgri, U., & Jember, A. (2024). KEEFEKTIFAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING VERBAL KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GLENMORE. 11(1), 59–66. https://doi.org/10.29407/nor.v11i1.22398

Fitri, R., & Pransiska, R. (n.d.). Keunggulan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini.

Khamdiah, H. I., Retno, T., Hariastuti, M., & Pd, K. (n.d.). Penggunan Teknik Sosiodrama daam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII di SMP Negeri 42 Surabaya PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII DI SMP MEGERI 42 SURABAYA.

Sardiani Daulay, L. (n.d.). HAKIKAT BERMAIN SOSIO DRAMA DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia

Tandayu, D., & Syukri, M. (n.d.). PENGENALAN PERAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.20683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: