Peningkatan Literasi Teknologi Robotika melalui Pengenalan dan Perakitan Robot Pengikut Garis di SMAK Tunas Bangsa Gading Serpong

Arie Sukma Jaya, Sri Hastuty, Adhitya Ryan Ramadhani, Muhammad Akbar Barrinaya, Yudi Rahmawan, Khusnun Widiyati, Purwo Kadarno, Byan Wahyu Riyandwita, Sylvia Ayu Pradanawati, Yose Fachmi Buys, Fayza Yulia, Iman Kartolaksono Reksowardojo, Bonifacius S.I. Aziz, Sahrudin Tambunan

Abstract


Perkembangan teknologi robotika memberikan peluang besar untuk memperkaya proses pembelajaran di tingkat sekolah menengah, khususnya dalam penguatan keterampilan abad ke-21. Namun, minimnya akses terhadap pengalaman praktik membuat siswa kesulitan memahami konsep robotika secara aplikatif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengenalkan konsep dasar robotika industri kepada siswa SMAK Tunas Bangsa Gading Serpong melalui praktik langsung dalam merakit dan menguji robot pengikut garis (line follower). Metode pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, yang secara implisit mengikuti tahapan dalam model pengembangan instruksional ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Peserta dibimbing dalam perakitan tiga jenis robot: Analog A, Analog B, dan Digital. Evaluasi dilakukan melalui survei pre-test dan post-test, pengujian performa robot, serta kuesioner kepuasan peserta. Hasil menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pemahaman dari 68,15% menjadi 84%. Peningkatan paling signifikan terlihat pada aspek teknis seperti pengenalan sensor dan penggunaan perangkat lunak Arduino IDE. Dari segi performa, robot Analog A memiliki waktu tempuh tercepat (18,70 detik) dan konsumsi daya terendah (0,64%), sedangkan robot Digital lebih kompleks namun belum optimal dalam lintasan uji terbatas. Survei kepuasan menunjukkan 98% peserta merasa puas terhadap kegiatan. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi teknologi dan memberikan pengalaman belajar berbasis praktik yang bermakna, serta relevan dalam mendukung implementasi SDGs poin 4 tentang pendidikan berkualitas.

Keywords


Robotika Pendidikan; Robot Pengikut Garis; Model ADDIE; Literasi Teknologi; Pengabdian kepada Masyarakat

References


Arifin, Z., Pambudi, A. D., Tamamy, A. J., Islahudin, N., Pamungkas, H., & Heryanto, M. A. (2023). Pelatihan Robotika Untuk Pengenalan Dunia Robotik Bagi Siswa SMA KOLESE LOYOLA Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 69. https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.846

Astuti, L., Triyanto, T., & Karsono, K. (2025). Inovasi Dalam Program Stem Sekolah: Analisis Bibliometric Ekstrakurikuler Robotika Dan Dampaknya Terhadap Keterampilan Kreatif. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 285–297. https://doi.org/10.29100/jp2m.v11i1.7101

Ayu Cahyanti, N., Suyanto, S., Wantara, N., Begimbetova, G. A., Unayah, H., & Khilafah, M. R. N. (2024). A Systematic Review of STEM Education Implementation in Indonesian High Schools: Opportunities, Challenges, and Policy Recommendations. Jurnal Pendidikan MIPA, 25(3), 1428–1443. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v25i3.pp1428-1443

D’Amico, A., Guastella, D., & Chella, A. (2020). A Playful Experiential Learning System With Educational Robotics. Frontiers in Robotics and AI, 7(March). https://doi.org/10.3389/frobt.2020.00033

Darmawansah, D., Hwang, G. J., Chen, M. R. A., & Liang, J. C. (2023). Trends and research foci of robotics-based STEM education: a systematic review from diverse angles based on the technology-based learning model. International Journal of STEM Education, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40594-023-00400-3

Dharmawan, F., Suherman, A., Kurniawan, B., & Rahmatia, S. (2024). Implementasi Pendidikan Dasar Robotika melalui Penggunaan Mikrokontroler Arduino untuk Siswa Kelas 12 SMA Al Fityan School Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 3(1), 66. https://doi.org/10.36722/psn.v3i1.2490

Haidegger, T., Mai, V., Mörch, C. M., Boesl, D. O., Jacobs, A., Rao R, B., Khamis, A., Lach, L., & Vanderborght, B. (2023). Robotics: Enabler and inhibitor of the Sustainable Development Goals. Sustainable Production and Consumption, 43(October), 422–434. https://doi.org/10.1016/j.spc.2023.11.011

Hajjah, M., Munawaroh, F., Wulandari, A. Y. R., & Hidayati, Y. (2022). Implementasi Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Natural Science Education Research, 5(1), 79–88. https://doi.org/10.21107/nser.v5i1.4371

Hanik, E. U., Ulfa, M., Harfiyani, Z., Septiyani, F., Sabila, N., & Halimah, N. (2021). Pembelajaran berbasis STEM melalui Media Robotika untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Abad 21 Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). ICIE: International Conference on Islamic Education, 1(1), 83–96.

Husainy, A., Mangave, S., & Patil, N. (2023). A Review on Robotics and Automation in the 21st Century: Shaping the Future of Manufacturing, Healthcare, and Service Sectors. Asian Review of Mechanical Engineering, 12(2), 41–45. https://doi.org/10.70112/arme-2023.12.2.4230

Kerimbayev, N., Beisov, N., Kovtun, А., Nurym, N., & Akramova, A. (2020). Robotics in the international educational space: Integration and the experience. Education and Information Technologies, 25(6), 5835–5851. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10257-6

Kusuma, N. G. W., Marsono, M., & Nurhadi, D. (2023). Pengembangan Sumber Belajar Mata Kuliah Mekatronika Dan Robotika Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 6(2), 104. https://doi.org/10.17977/um054v6i2p104-112

Latip, A. (2022). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108

Mai, V., Vanderborght, B., Haidegger, T., Khamis, A., Bhargava, N., Boesl, D. B. O., Gabriels, K., Jacobs, A., Moon, Aj., Murphy, R., Nakauchi, Y., Prestes, E., Rao R., B., Vinuesa, R., & Morch, C. M. (2022). The Role of Robotics in Achieving the United Nations Sustainable Development Goals - The Experts’ Meeting at the 2021 IEEE/RSJ IROS Workshop [Industry Activities]. IEEE Robotics and Automation Magazine, 29(1), 92-98+107. https://doi.org/10.1109/MRA.2022.3143409

Majid, N. A. A., Zainal, N. F. A., Shukur, Z., Nasrudin, M. F., & Zainal, N. (2024). Modeling the Impact of Robotics Learning Experience on Programming Interest Using the Structured Equation Modeling Approach. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 15(11), 921–929. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2024.0151190

Naylah, R. S., Aulia, N. A., Aldiansyah, M., Wahyudi, D., & Pratama, D. (2024). Analisis Implementasi Robotic Di Bidang Pendidikan: Systematic Literature Review. Jurnal Rekayasa Informatika, 1(2), 3–7. https://rekayasainformatika.com/index.php/JREIN/article/view/18

Rahman, S. M. M. (2021). Assessing and benchmarking learning outcomes of robotics-enabled stem education. Education Sciences, 11(2), 1–25. https://doi.org/10.3390/educsci11020084

Rincón, S. A. C., Gudiño, H. C. M., & Herrera, R. de J. G. (2024). Robotics for inclusive education: Combining active methodologies in a classroom. Contemporary Educational Technology, 16(3). https://doi.org/10.30935/cedtech/14939

Sannicandro, K., De Santis, A., Bellini, C., & Minerva, T. (2022). A scoping review on the relationship between robotics in educational contexts and e-health. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.955572

Sari, A. N., Gelar, T., Firdaus, L. H., Hayati, H., & Hodijah, A. (2024). Pelatihan Pengembangan Desain Instruksional Bahan Ajar Educational Robots Metode ADDIE di SMP Negeri 1 Baleendah. Tekmulogi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(November), 107–122. https://ejournal.upi.edu/index.php/Tekmulogi/article/view/75992

Ula, K., & Nugraheni, N. (2024). Urgensi Integrasi Teknologi di Bidang Pendidikan Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals ( SDGs ) Poin Ke-4 2024. Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(11), 598–605. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/3248

Urrea, C., & Kern, J. (2025). Recent Advances and Challenges in Industrial Robotics: A Systematic Review of Technological Trends and Emerging Applications. Processes, 13(3), 1–20. https://doi.org/10.3390/pr13030832

Verner, I. M., Perez, H., & Lavi, R. (2022). Characteristics of student engagement in high-school robotics courses. International Journal of Technology and Design Education, 32(4), 2129–2150. https://doi.org/10.1007/s10798-021-09688-0

Wahyudi, W., & Amiruddin, A. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Robotika Berbasis Mikrokontroler Di Era Industri 4.0. Jurnal Nalar Pendidikan, 11(1), 70. https://doi.org/10.26858/jnp.v11i1.42752

Zamsiswaya, Syawaluddin, & Syahrizul. (2024). Pengembangan Model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 46363–46369.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.20693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: