Pemanfaatan Pigmen Tumbuhan Lokal sebagai Sumber Belajar dalam Eksperimen Kimia

Maria Aloisia Uron Leba, Faderina Komisia, Maria Benedikta Tukan

Abstract


Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan dan mempraktikkan pemanfaatan pigmen tumbuhan lokal sebagai indikator pH dalam eksperimen kimia kepada siswa SMA Kristen Maktihan, Besikama, Timor-Nusa Tenggara Timur. Sekolah ini belum memiliki laboratorium kimia serta keterbatasan alat dan bahan praktikum, sehingga pembelajaran kimia jarang disertai eksperimen. Kegitan pembelajaran yang dilakukan berbasis eksperimen menggunakan sumber pigmen lokal yakni pigmen rimpang kunyit, daun bayam merah, bunga kencana ungu, dan umbi ubi jalar ungu sebagai salah satu sumber belajar. Keempat pigmen ini diuji dalam larutan sampel hahan kimia rumah tangga diantaranya sampo, sabun mandi, soda kue, detergen, kapur siri, cuka dan jeruk nipis. Hasil kegiatan menunjukkan setiap pigmen memiliki respon warna berbeda dalam setiap sampel (berdasarkan sifat keasaman/pH). Kegiatan ini meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan ilmiah (kemampuan mengamati, mengklasifikasi, mengukur, dan mengkomunikasikan hasil),  menumbuhkan sikap ilmiah, rasa ingin tahu, dan motivasi belajar siswa.

Keywords


indikator pH, keterampilan ilmiah, pengabdian masyarakat, pigmen tumbuhan, pembelajaran kontekstual

References


Anu, M. Y., Leba, M. A. U., & Hayon, V. H. B. (2022). Pembuatan Kertas Indikator Dari Ekstrak Daun Bayam Merah (Amaranthus tricolor L.) Sebagai Indikator Asam Basa Alami Dalam Praktikum Kimia. SNKPK Universitas Nusa Cendana, 1(1), 230–240.

Bria, H. R., Leba, M. A. U., & Kopon, A. M. (2021). Penggunaan Ekstrak Umbi Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas L.) sebagai Indikator Asam-Basa Alami. Beta Kimia, 1(2), 35–41. http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jbkHalaman%7C35

Fara, A., Haerullah, A., & Masud, A. (2022). Pengemabngan LKPD Berbasis Potensi Lokal Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 2 Halmahera. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 659–668.

Hayon, V. H. B., Aloisia, M., Leba, U., Tukan, M. B., Rosina, H., & Bubu, M. I. (2023). Implementasi LKPD Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Asam-Basa Melalui Langkah-Langkah Pembelajaran Saintifik. Unesa Journal of Chemical Education, 12(2), 156–163.

Ilma, S., & Wijarini, F. (2017). Developing of environmental education textbook based on local potencies. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3(3), 194–201. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i3.4540

Kadir, abdul. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1), 17–38. http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/20

Kopon, A. M., Leba, M. A. U., Lawung, Y. D., Jenimat, A. D., Komisia, F., Tukan, M. B., Boelan, E. G., & Baunsele, A. B. (2022). Aplication of Turmeric Rhizome Pigment as Acid-Base Titration Indicator. Jurnal Sains Natural, 12(4), 143–152.

Leba, M. A. U., Boelan, E. G., Taek, M. M., Mau, S. D. B., Ruas, J. D. C., Tukan, M. B., De, A., Ruas, C., Ruas, N. A., Lawung, Y. D., Kopon, A. M., Komisia, F., & Baunsele, A. B. (2024). Exploring Purple Sweet Potato Pigment as An Eco-Friendly Titration Indicator for Acid Determination. Tropical Journal of Natural Product Research, 8(6), 7403–7409.

Leba, M. A. U., Komisia, F., & Tukan, M. B. (2021). Bimbingan Belajar Kimia Bagi Siswa SMA Yang Berdomisili Di Penfui-Binilaka Kupang. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 124–133. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i2.572

Leba, M. A. U., Mau, S. D. B., Boelan, E. G., Taek, M. M., Ruas, J. de C., Lawung, Y. D., Ruas, A. de C., Kopon, A. M., & Ruas, N. A. (2023). Pigments of Purple Sweet Potato and Turmeric Rhizome: Eco-Friendly and Cheap Indicators for Acid- Base. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 15(2), 99–109. https://doi.org/10.22437/jisic.v15i2.28648

Leba, M. A. U., Tukan, M. B., & Komisia, F. (2022). pH Indicator Paper by Immobilizing Turmeric Rhizome Ethanol Extract on Filter paper. Jurnal Sains Natural, 12(2), 45–53. https://ejournalunb.ac.id/index.php/JSN/article/view/377

Mudhakiyah, Z., Wijayati, N., Haryani, S., & Nurhayati, S. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotorik Peserta Didik Pada Praktikum Pembelajaran Kimia Materi Laju Reaksi. Journal Uunes, 11(2), 3.

Sinaga, M., & Silaban, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 33. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8051

Sugiarti, S., & Halimah, H. (2018). Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap sikap ilmiah pada pembelajaran discovery peserta didik (Studi pada Materi Pokok Asam Basa). Proceedings of National Seminar Research and Community Service Institute Universitas Negri Makassar, 5, 385–390.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i2.20878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: