PELATIHAN MENJADI ENTERPRENEUR MELALUI KONSEP PROGRAM LINEAR DAN SOFTWARE WOLFRAM MATHEMATICA

Yoni Sunaryo, Ida Nuraida

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membentuk karakter seorang entrepreneur pada siswa di SMA N 1 Baregbeg; materi program linear dipraktikkan di lapangan sehingga siswa dapat mengetahui dan merasakan aplikasinya dalam kehidupan nyata; dan mengajarkan pada siswa software wolfram mathematica dan penggunaannya pada materi Program Linear. Kegiatan pengabdian ini pada pelaksanaannya dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu: tahap 1 yang pada kegiatannya pada tahap ini adalah mengumpulkan siswa sebanyak enam orang dari kelas XI. Tahap 2 yaitu pemberian penyuluhan mengenai pentingnya membangun jiwa seorang enterprenur dalam diri mereka mengingat persaingan kerja di zaman sekarang begitu ketat. Materi penyuluhan juga membahas mengenai konsep/materi Program Linear. Tahap 3 yaitu melakukan pembinaan atau bimbingan dalam menyelesaikan konsep Program Linear dengan menggunakan software wolfram mathematica. Kesimpulan kegiatan ini bahwa siswa merasakan banyak manfaat dari kegiatan penyuluhan yang telah dilaksanakan, siswa termotivasi untuk berwirausaha dan terbantu dalam penguasaan terhadap materi Program Linear. Rekomendasi untuk pengabdi selanjutnya yaitu menggunakan software yang dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu siswa dalam menguasai materi pelajaran yang ada di sekolah, sekaligus memotivasi siswa untuk memiliki bekal keterampilan hidup yang kelak dapat dimanfaatkan siswa.

Keywords


Enterpreneur, Program Linear, Software wolfram mathematica

Full Text:

PDF

References


Bygrave, William D. 1994. The portable MBA in enterprenership. JhonWilley & Sons, Inc. NewYork.

Kristanto HC, R Heru. 2009. Kewirausahaan Enterpreneurship Pendekatan Manajemen dan Praktik. Cet. I. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nugroho, A.A, Lukman, H & Noviana, D.R. 2015. Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Wolfram Software wolfram mathematica pada Mata Kuliah Aljabar Linier. Jurnal Euclid, 3(1): 411-422.

Kholidah, Siti. 2018. Faktor-faktor Kesuksesan Menjadi Enterpreneur. Skripsi. Universitas Lampung.

Sunaryo, Y. gan Fatimah, A.T. 2018. Program Linear dengan Pendekatan Kontekstual pada Model Pembelajaran Scaffolding. Ciamis: Tsaqiva Publishing.

Sunaryo, Y. dan Nuraida, I. 2018. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self-Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 4(1): 28-32.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v2i1.3340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: