PENGUATAN KAPASITAS PETANI KOPI DALAM PENANGANAN PASCA PANEN KOPI ROBUSTA DI DESA SAGALAHERANG KECAMATAN PAWANANGAN KABUPATEN CIAMIS

Saepul Aziz, Agus Yuniawan Isyanto, Anisa Puspitasari

Abstract


Desa Sagalaherang, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, merupakan daerah pegunungan dan perbukitan, termasuk dalam kategori dataran tinggi dengan ketinggian tempat 800-1.200 mdpl. Potensi yang dimiliki oleh Desa Sagalaherang di bidang perkebunan, yaitu perkebunan kopi robusta yang menjadi salah satu roda perekonomian dalam menopang kehidupan masyarakat. Berdasarkan hasil observasi di lapangan bahwa aktivitas penanaman serta pengolahan kopi robusta di Desa Sagalaherang Kecamatan Panawangan menjadi penggerak perokononiam warga. Selain memiliki potensi, terdapat juga beberapa kendala yang dihadapi oleh para petani kopi, diantaranya yaitu belum memiliki sarana produksi pasca panen yang memadai, alat/mesin untuk proses produksi masih kurang, kelompok belum memiliki modal yang cukup, serta kesulitan dalam memasarkan secara langsung produk kopi robusta. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang penanganan pasca panen kopi robusta untuk diolah secara maksimal supaya dapat memberikan nilai tambah bagi petani.

Keywords


kapasitas petani, pascapanen, kopi robusta.

References


Nugroho, Joko. WK, Lumbanbatu, Juliaty & Rahayoe. S.(2009), Pengaruh Suhu Dan Lama Penyangraian Terhadap Sifat Fisik-Mekanis Biji Kopi Robusta, Prosiding, ISSN 2081-7152.

Rosalina, dkk. (2016). Disain Kemasan Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Madu Bunga Kopi Sebagai Produk Unggulan Daerah. Jurnal Agroindustri, 2(1), 8-13.

Aprilianto AM. Purwadi dan Puruhito. (2018). Daya Saing Komoditas Kopi (Coffea Sp.) di Indonesia. Jurnal MASEPI, 3(2), 1-24.

Mayrowani. (2013). Kebijakan Penyediaan Teknologi Pascapanen Kopi dan Masalah Pengembangannya. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 31(1), 31-49.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v2i2.4053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: