PELATIHAN ENGLISH QUESTIONS BAGI PARA PETUGAS PARKIR DI KAWASAN WISATA BUDAYA CIUNG WANARA KARANGKMULYAN

Dedeh Rohayati, Andi Rustandi, Wawan Tarwana, Indah Nurkhasanah, Ade Rohana

Abstract


Pentingnya kemampuan komunikasi bahasa Inggris semakin disadari oleh semua pihak, termasuk para petugas parkir di kawasan objek wisata budaya Ciung Wanara, Karangkamulyan. Oleh karena itu, tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Galuh melaksanakan pelatihan English Questions, khususnya materi Yes/No Questions dan 5W+1H Questions. Project-based learning diterapkan dalam program ini dengan berprinsip kepada aspek andragogik. Subjek pengabdian berjumlah 6 orang petugas parkir di area objek wisata budaya Ciung Wanara. Pelatihan English Questions yang meliputi pelafalan dan penggunaannya dengan benar dilakukan selama kurun waktu 7 kali pertemuan. Sumber data pengabdian ini diperoleh melalui observasi dan rekaman video yang dianalisis menggunakan teori pendukung secara deskriptif. Sedangkan penilaian kemampuan English Question menggunakan CEFR. Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki para petugas parkir di kawasan objek wisata budaya Ciung Wanara Karangkamulyan semakin signifikan. Mereka mampu membuat pertanyaan dengan berbagai situasi, apabila ada turis asing datang; diantaranya pertanyaan (1)  saat turis datang atau turun dari bus di area parkir; (2) ketika turis hendak  mencari restoran; (3) ketika turis keluar dari restoran; (4) saat turis memasuki area Ciung Wanara; (5) ketika turis  keluar dari area situs; dan (6) saat turis akan segera melanjutkan perjalanan. Keberhasilan ini diharapkan mampu mendongkrak peningkatan kesan positif objek wisata tersebut dari para pengunjunag, terutama turis asing. Dengan demikian, kapasitas para petugas parkir sebagai bagian dari objek wisata budaya Ciung Wanara juga semakin optimal dan para petugas parkir pun dapat meraih keuntungan yang maksimal.

Keywords


Objek Wisata Budaya Ciung Wanara, petugas parkir, Yes/ No Questions, 5W+1H Questions

References


Aryani, I G.AG. I., Oka, I G. L.,Wibawa, A.A.P.P., Warmadewi, D. A., dan Trisnadewi, A.A.A. S. (2014). Pelafalan kosakata bahasa Inggris bidang peternakan masyarakat di desa pengotan. Udayana Mengabdi, 13(1), Tahun 2014.

Bas, G & Beyhan, O. (2010). Effects of multiple intelligence supported project-based learning in Students’ Achievement Levels and Attitude towards English Lesson. International Elekronik Journal of Elementary Education. 02 (03), 365-386.

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: skills for the future, Interdiciplinar Journal of Project-Based Learning, 83 (02), 39-43, DOI: 10.1080/00098650903505415.

Brown, H. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. NY: Pearson Education Inc.

Dudley-Evans, T. and St. Jhon, M.J. (1998). Developments in English for specific purposes: a multi-disciplinary approach. Cambridge University Press.

Eggins, S. (2004). An Introduction to Systemic Funnctional Linguistics. London: Continuum International Publishing Group.

Febriani, R. B., Rustandi, A., dan Sugiarto, B.R. (2019). Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak dan remaja pra-sejahtera untuk mendukung kegiatan pariwisata situ Lengkong Panjalu. ABDIMAS GALUH, 1(1), (2019).

Fragoulis, L. (2009). Project-based learning in teaching of English as a foreign language in Greek primary school: from theory to practice. English language Teaching Journal, 02, (03), 113-119.

Hutchinson, T. and Waters, A. (1987). English for specific purpose. A learning-centered approach. Cambridge: Cambridge University Press. Diambil dari www.cambridge.org, (29 November 2016)

Holm, M. (2011). Project-based instruction : A review of the literature on effectiveness in prekindergarten through 12nd grade classroom. Rivier Academic Journal. 07(02), 1-13.

Klein, J. I. et al. (2009). Project-based learning inspiring middle school student to engage in deep and active learning. New York: NYC Department of Education.

Knowles.M. (2005), The Adult Learner .LondonElsevier ButterWorth Heineman

Patton, A. (2012). Work that matters the teacher’s guide to project-based learning. London: Paul Hamlyn Foundation.

Permata, N.N.,dan Hadiani, D. (2018). Pelatihan bahasa Inggris dasar dalam upaya peningkatan kemampuan mahasiswa bidikmisi polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 4 (2018).

Rohayati, D., Herlina, R., dan Riyanto, B. (2019). Pelatihan Bahasa Inggris untuk paguyuban pedagang “Kawargian Adat” dengan metode Project-Based Learning. ABDIMAS GALUH Volume 1,No. 1, 1-7, 2019.

Rustandi, A., Febriani, R.,B., dan Sugiarto, B. R. (2019). Pemberdayaan ibu-ibu PKK melalui pelatihan English for business dan English for tourism di desa Sukaresik kecamatan Sindangkasih kabupaten Ciamis. ABDIMAS GALUHVol 1, No 1 (2019).

Wright, W. G. (2011). Student centered in higher education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 23 (03), 92-97.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/26995




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i1.4617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: