PEMBERDAYAAN KADER KESEHATAN MELALUI INOVASI TEKNOLOGI EXCELLENT CARE MENUJU MASYARAKAT SEHAT, SEJAHTERA DAN BEBAS COVID-19 DI DESA DARUL AMIN KECAMATAN LAWE ALAS KABUPATEN ACEH TENGGARA

Yusnaini Yusnaini

Abstract


Desa Darul Amin merupakan desa yang berada di Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, Indonesia. Survey awal selama masa pandemi covid-19 didapatkan beberapa permasalahan berupa masyarakat sering berkumpul bersama bila ada acara/kegiatan, masyarakat merasa khawatir ke tempat layanan kesehatan, prevalensi penyakit tertinggi seperti hipertensi, rematik, asam urat dan diabetes. Adapun hasil pertanian masyarakat berupa jagung, padi, jahe,kunyit, lengkuas dan minyak kelapa.  Oleh karena itu, pentingnya pengembangan inovasi teknologi excellent care sebagai sarana fasilitas pelayanan kesehatan dan bisnis online untuk mewujudkan masyarakat sehat, sejahtera dan bebas covid-19. Kegiatan yang dilakukan terdiri dari pemberdayaan kader kesehatan, desiminasi ilmu tentang ramuan herbal, pengembangan inovasi teknologi excellent care dan kunjungan tim tenaga kesehatan untuk layanan homecare kepada masyarakat. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesehatan melalui layanan konsultasi dan homecare, mendukung program pemerintah dalam penerapanan social distancing, memberikan peluang bisnis bagi masyarakat dalam mempromosikan ramuan herbal serta mengembangkan Desa Darul Amin sebagai desa percontohan yang memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan online yang dapat memandirikan masyarakat untuk hidup sehat dan  produktif. Kelompok sasaran dalam kegiatan ini adalah masyarakat dan kader di Desa Darul Amin. Adapun hasil capaian kegiatan yaitu masyarakat sudah memanfaatkan layanan kesehatan online, masyarakat sudah mempromosikan ramuan herbalnya melalui www.excellentcare.com, kader dan tenaga kesehatan sudah mendapatkan penghasilan dari layanan homecare.

Keywords


Pemberdayaan, kader, layanan kesehatan, excellent care.

References


Anshari, M., & Almunawar, M. N. (2016). Mobile Health (mHealth) Services and Online Health Educators. Biomedical Informatics Insights, 8, BII.S35388. https://doi.org/10.4137/bii.s35388

Crotty, B. H., & Slack, W. V. (2016). Designing online health services for patients. Israel Journal of Health Policy Research, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.1186/s13584-016-0082-7

Le, W., Chang, P. Y., Chang, Y. W., & Chen, J. (2019). Why do patients move from online health platforms to hospitals? The perspectives of fairness theory and brand extension theory. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(19). https://doi.org/10.3390/ijerph16193755

Loria. (2010). Acceptance of Swedish e-health services. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 55. https://doi.org/10.2147/jmdh.s9159

Solano-Lorente, M., Martinez-Caro, E., & Cegarra- Navarro, J. G. (2013). Designing a framework to develop eLoyalty for online healthcare services. Electronic Journal of Knowledge Management, 11(1), 107–115. Retrieved from http://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&PAGE=reference&D=psyc10&NEWS=N&AN=2013-27023-011




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v3i1.5126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: