OPTIMASI POTENSI EMPING GARUT DI DESA CARANGBEJO SAMPUNG PONOROGO

Muhamad Rizal Mahendra, Muhtadin Amri

Abstract


Emping garut adalah salah satu makanan yang cocok dikembangkan di Desa Carangrejo, Kecamatan Sampung. Karena pada tumbuhan garut ini mempunyai hasil panen belum maksimal. Sehingga rendahnya ketersediaan bahan garut menyebabkan produksi dan pendapatan yang rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai jualnya adalah dengan mengolah ubi garut menjadi berbagai produk seperti emping garut ini. Masalah yang ditemukan adalah minimnya ketersediaan bahan dan produksi emping garut. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mempertahankan kertersediaan bahan dan mengoptimalkan agar usaha emping garut tetap berkelanjutan dalam memproduksi dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Kesimpulan artikel ini upaya untuk mengoptimalkan masyarakat Carangrejo khususnya pada pelaku usaha untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha sehingga meningkatkan ekonomi dan mengurangi tingkat pengangguran Desa Carangrejo.

Keywords


bisnis, Carangrejo, emping garut

References


Ar’sy Muhammad, dkk,”Optimalisasi Potensi Home Industry Melalui Dogitalisasi Marketing (Kasus: Produksi Emping Rumahan Kampung Pagutan, Desa Sukakerta, Canjur)”, jurnal:Pusat Inovasi Masyarakat (2021).

Damanik Sarintan Efratani,”Pemberdayaan Masyarakat Desa Sekitar Kawasan Hutan, ed. by Uwais Ispirasi indonesia (Ponorogo, 2019).

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008).

LPPM IAIN Ponorogo, “Pedoman Kuliah Pengabdian Masyarakat Daring Dari Rumah”, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Ponorogo. 2002.

Mumpuni Anisa Kurnia,”Strategi Pengembanagan Sentra Industi Emping Garut(Maranta Arundinacea L) di Kecamatan Andong Kabupaten Boyolal, skripsI Universitas Sebelas Maret (2009).

Mawati Sari, “Makna Pengabdian Di Tengah Pandemi,” Dalam: https://kumparan.com/sari-mawati/makna-pengabdia-kkn-di-tengah-pandemi.

Rusdliyah Evi Fatimatur, Rakhmawati, Hernik Farisia DKK, Akselerasi Surabaya Sebagai Kota Literasi Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi Berbasis Pendekatan AssetBased Community Driven-Development (ABCD),(2018).

Siswanto Tri Joko, “Potensi Pengembangan Komoditas Garut dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan di Kabupaten Sleman”, jurnal: Balitkabi.litbangpertanian(2014).

Soleh Ahmad, Strategi Pengembangan Desa, Jurnal Sungkai, Vol 5, No 1 (2017).

Triharyanto Eddy, “Budidaya Tanaman Garut dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Petani”, Jurnal:Carakatani Vol.XVII,(2002).

Yanti Linda, “Potensi dan Peluang Pengembangan Teknologi Pengolahan Melinjo Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Di Provinsi Jambi” Jurnal: Litbang.Pertanian.go.id, (2003).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.6386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: