PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA SEKARDANGAN BLITAR

Arif Muzayin Shofwan

Abstract


Era kontemporer memang dituntut menngunakan teknologi agar pembelajaran mudah dipahami dan cepat diserap dalam pikiran dan jiwa peserta didik. Begitu pula dalam dunia pendidikan pesantren juga dituntut untuk menggunakan sarana teknologi seperti laptop dan proyektor dalam melakukan pembelajaran pada peserta didik. Tanpa mengikuti perkembangan teknologi yang ada, maka akan tertinggal jauh di belakang. Tulisan ini akan mengupas tentang penanaman pendidikan karakter di Pondok Pesantren Miftahul Huda Sekardangan Blitar. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini, antara lain: metode ceramah, metode tanya jawab, metode simulasi, dan metode penugasan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meenguatkan pendidikan karakter bagi peserta didik (santri-santri) melalui kitab-kitab yang sudah diajarkan kepada mereka dengan pembelajaran tradisional. Penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran teknologi modern seperti laptop, power point dan proyektor ini sangat penting agar kitab-kitab yang biasanya dikaji berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tersebut terserap mudah melalui media tersebut dalam waktu yang singkat.

Keywords


Penguatan Pendidikan Karakter dan Pondok Pesantren

References


Al-Mas’udi, Hafidz Hasan. (t.t). Kitab Taisirul Khollaq Fi Ilmil Akhlaq. Surabaya: Penerbit Salim Nabhan.

Azzet, Akhmad Muhaimin. (2014). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Koesomoe, Doni. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grafindo.

Kesuma, Dharma. (2013). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustofa, Kyai Bisri Mustofa. (t.t). Kitab Syi’ir Ngudi Susila: Suka Pitedah Kanthi Pertela. Kudus: Maktabah Wa Math’baah Menara Kudus.

Rozi, Fakrur. (2012). Model Pendidikan Karakter dan Moralitas Siswa di Sekolah Islam Modern: Studi pada SMP Pondok Pesantren Selamat Kendal. Semarang: IAIN Walisongo.

Salahudin, Anas & Irwanto Alkrienciechie. (2013). Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa). Bandung: Pustaka Setia.

Samani, Muchlas & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Shofwan, Arif Muzayin, (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Tim Penulis Naskah. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zusnani, Ida. (2012). Manajemen Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa. Jakarta Selatan: Tugu Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.6668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: