PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMAKSIMALKAN PEMASARAN HASIL UMKM KERIPIK TEMPE DI DESA KAMBENG KECAMATAN SLAHUNG

Mirnawati Mirnawati, Muhtadin Amri

Abstract


Perekonomian Indonesia tidak bisa dijauhkan dari peran besar UMKM yang senantiasa tumbuh dengan berbagai jenis produk baik barang maupun jasa. KPM-DDR yang dilaksanakan di Desa Kambeng, Kecamatan Selahung memilih melakukan pengamatan usaha keripik tempe yang dijalankan oleh seorang wanita berusia lanjut. Usaha ini sudah dijalankan selama bertahun-tahun, namun usahanya belum terlihat ada perkembangan baik dalam hal inovasi barang maupun pemasaran. KPM DDR  ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development), dengan melakukan langkah yaitu inkulturasi, discovery, design, define and reflection. Strategi yang digunakan dalam pemasaran diarahkan ke media sosial sebagai upaya untuk memperluas jangkauan karena saat ini mayoritas kalangan menggunakan sistem teknologi digital dalam bertransaksi.

Keywords


Pengabdian, Masyarakat, Pendidikan, Pemasaran, Digital

References


Arianto, Bambang. 2020. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS : Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 2 Desember 2020.

Di Balik Tren Edge Data Center di Indonesia, Buletin APJII, diakses di laman https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI91Juli2021.pdf

Fatmarani, Sonia . 2019. Digital Marketing 101: Memilih Media Sosial yang Tepat Untuk Bisnis Kita, UKM Indonesia, UKM Indonesia, diakses di https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/233

Febriyantoro, Mohamad Trio dan Debby Arisandi. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Universitas Universal. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara Vol 1 No 2, Desember 2018. ( http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32 )

Kementrian Koprerasi dan UMKM. 2021. Data UMKM- Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. Diakses di http://umkm.depkop.go.id/.

Nursarfiah, Sudati. 2019. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa, artikel diakses di laman https://jurnal.untidar.ac.id

Rifky, Nando. 2021. Mengenal Jenis UMKM di Indonesia Beserta Perkembangannya, diakses di laman https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/02/20/mengenal-jenis-umkm-di-indonesia-beserta-perkembangannya

Susetyarsi. 2012. Kemasan Produk ditinjau dari bahan kemasan, bentuk kemasan, dan pelebelan pada kemasan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk minum mizone di Kota Semarang. Diakses dari JURNAL STIE SEMARANG, VOL 4, NO 3, Edisi Oktober 2012, ISSN:2252-7826, (https://media.neliti.com)

Winarti, Cici. 2021. Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Pontianak: Universitas Tanjungpura, 2021, diakses di https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/19.pdf/

Sugihartati, Rahma. 2020. Literasi Digital Umkm. Surabaya: Unair (https://www.republika.id/posts/9905/literasi-digital-umkm).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.6758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: