DISTANCE LEARNING METHOD TRAINING FOR TEACHERS THOUGH WEBINARS

Aos Kuswandi, Abdul Rahman Abdul Rahman, Fadlillah Fadlillah, Yeti Sulfiati

Abstract


Wabah pandemi covid 19 yang melanda belahan dunia termasuk Indonesia, memaksa para pemangku kebijakan bidang pendidikan untuk menemukan solusi terbaik dalam pelaksanaan pembelajaran bagi siswa. Keterbatasan kompetensi yang dimiliki guru dalam memberikan pembelajaran jarak jauh menjadi masalah penting dalam pelayanan pendidikan. Berbagai strategi dan alternatif pembelajaran jarak jauh dilakukan. Salah satu strategi pembelajaran yang ditempuh melalui pembelajaran daring berbasis aplikasi teknologi informasi. Namun, guru sebagai kunci utama dalam pemberian materi belajar bagi siswa memiliki keterbatasan kemampuan. Pelatihan untuk menambah kompetensi tersebut perlu dilakukan. Atas dasar itu maka program pelatihan pembelajaran secara daring bagi tenaga guru dilaksanakan. Metode yang dipergunakan dalam pelatihan ini melalui webinar. Pelatihan diberikan oleh pelatih yang kompeten dengan memberikan materi sesui kebutuhan. Berdasarkan hasil evaluasi dan analisis, pelatihan menunjukkan bahwa para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Beberapa indikator yang dievaluasi seperti pemateri, isi materi pelatihan, penyelenggara dan implikasi ilmu yang diperoleh para peserta, secara keselurahan sangat baik. Para peserta berharap model pelatihan melalui webinar perlu terus dilakukan dengan peningkatan pada penambahan materi yang lebih aplikatif dan sederhana, sehingga memudahkan bagi guru  dalam penerapannya di sekolah.

Keywords


Pelatihan; Metode Pembelajaran; Pembelajaran Jarak Jauh; Webinar

References


Amsir, A., Nugroho, E. A., & Kurnia, D. (2020). Webinar Penggunaan Moodle Sebagai Media E-Learning Untuk Guru-Guru Di Jawa Barat. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 500-505. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.418

Botutihe, S. N., Smith, M. B., Kasan, I. A., & Hilala, R. (2020). Strategi Pembelajaran Physical Distancing Guru PAUD dalam Menghadapi Pandemi Covid19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1536-1543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.919

Horton, W. (2001). Evaluating e-learning. Alexandria, VA: American Society for Training and Development.

Marshall, V., & Schriver, R. (1994). Using evaluation to improve performance. In D. Kirkpatrick (Ed.), Another look at evaluating training programs(pp.127-175). Alexandria, VA: American Society for Training and Development

Nurhayati, S., Wicaksono, M. F., Lubis, R., Rahmatya, M. D., & Hidayat, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Guru SMA Negeri 5 Cimahi Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE), 1(2), 70-76. https://doi.org/10.34010/icomse.v1i2.3878

Phillips, J. (1991). Handbook of training evaluation and measurement methods (2nd ed.). Houston: Gulf Publishing Company.

Silvianita, S., & Yulianto, E. (2020). Webinar Sebagai Kegiatan Peningkatan Kompetensi Widyaiswara Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 113-119. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508-520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powtoon pada Guru-Guru di Lingkungan Gugus I Bogor Tengah Kota Bogor. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 231-241. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i3.6415

Tarmini, W., Safi'i, I., Witdianti, Y., & Larassaty, S. (2020). Peningkatan kompetensi profesional guru melalui webinar evaluasi hasil belajar bagi guru-guru MTs Al-Ma’arif 1 Aimas. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 53-6. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2049.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: