PROGRAM DESA BINAAN DALAM RANGKA PENINGKATAN PEMAHAMAN SHIROH EKONOMI DAN ETIKA BISNIS RASULULLAH

Mahfudz Mahfudz, Abdul Wahid Mongkito, Agus Prio Utomo, Lestari Daswan, Nila Asriani

Abstract


Berdasarkan data direktorat jendral kependudukan jumlah desa di Indonesia berjumlah 83.381 dengan jumlah penduduk sebesar 272,23 Juta Jiwa. Jumlah desa yang begitu banyak tentu pemerintah tidak bisa menjangkau secara keseluruhan dalam pengembangan ekonomi rakyat, pemberian pelatihan kerja, dan memberikan edukasi tentang bisnis. Selain itu, masyarakat masih banyak yang awam tentang pemahaman ekonomi syariah dan etika bisnis. Universitas sebagai mitra pemerintah hadir untuk membantu pemerintah untuk menyelesaikan beberapa masalah termasuk masalah ekonomi dan edukasi pembangunan bisnis dan mendorong para pemuda untuk menjadi pemuda milenial yang interpreneur. Untuk membentuk desa yang mandiri secara ekonomi maka Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah hadir bekerja sama dengan kepala desa dan warga desa untuk bersinergi membentuk sebuah desa binaan dengan menyelenggarakan kegiatan pengajian siroh ekonomi dan etika Rasulullah dalam menjalankan bisnisnya, selain kajian tentang etika bisnis Rasulullah program desa binaan juga menyelenggarakan kegitan ekonomi rumah tangga dengan pembuatan permen dari daus sirsak, program desa binaan ini juga mendorong para pemuda untuk mendirikan bisnis milenial sehingga memiliki kemadirian ekonomi sejak muda.

Keywords


Ekonomi, Bisnis, Desa, Etika, Rakyat

References


Amirulloh Syarbini & J. Aryadi. (2001). Muhammad sebagai bisnisman ulung. PT Elex Media Komputindo Kompas.

Muhammad Saifullah. (2011). Etika Bisnis Islami Dalam Praktek Bisnis Rasulullah, , Volume 19, Nomor 1, Mei 2011, h. 121-125. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19, 121–125.

Neni Hardianti, Y. R. (2021). Etika Bisnis Rasulullah Saw. Sebagai Pelaku Usaha Sukses Dalam Perspektif Maqashid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7, 56.

Ulil Albab Dkk. (2018). Perjalanan bisnis Rasulullah sebagai dasar etika bisnis Islam. As-Salam, Vol.VII, 13–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: