PELATIHAN MODEL BERCERITA BULENG BAGI GURU PAUD SEBAGAI UPAYA REVITALISASI TRADISI LISAN BETAWI

Nur Aini Puspitasari, Syarif Hidayatullah, Khusniyati Masykuroh

Abstract


Buleng merupakan salah satu model bercerita tradisi lisan Betawi yang perlu direvitalisasi karena keberadaannya telah jarang ditemui dalam situasi sosial budaya masyarakat Betawi. Untuk itu perlu dilakukan revitalisasi terhadap model bercerita ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengimplementasi teknik bercerita ini dalam kegiatan pembelajaran.  Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan kegiatan pelatihan teknik bercerita buleng. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan dengan tahapan metode pelaksanaan, yaitu identifikasi masalah bersama mitra, perumusan masalah bersama mitra, perumusan solusi permasalahan bersama mitra, penyusunan materi dan instrumen evaluasi, pelaksanaan kegiatan dan sosialisasi, dan evaluasi program bersama mitra. Hasil kegiatan ini diperoleh bahwa kemampuan para guru dalam bercerita dengan teknik buleng sudah baik dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


teknik bercerita, tradisi lisan, budaya Betawi, buleng, anak usia dini

References


Bal, M., & Tepetaş Cengiz, G. Ş. (2020). Global Literacy Skills in Picture Story Book Reading Activities Implemented to 48-66 Month-Old Children. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 15(4), 285–314. https://doi.org/10.29329/epasr.2020.323.16

Girsang, M. L., Ridlo, M. R., & Utari, A. (2019). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Kelompok B di TK Mawar Indah Kecamatan Medan Petisah. J. Madani, 2(2), 258–269.

Hidayat, D. B., Muktadir, A. M., & Dharmayana, I. W. (2019). Efektivitas Metode Mendongeng (Storytelling) dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Keterampilan Membaca Siswa (Sebuah Studi Kasus di SDN 55 Bengkulu Selatan). Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(2), 120–128.

Made, N., Tarini, W. S., Ketut, I., Putra, A., Tirtayani, L. A., Pendidikan, J., Anak, P., Dini, U., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Cerita Rakyat Terhadap Perilaku Empati Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 1–10.

Nevo, E., & Vaknin-Nusbaum, V. (2018). Enhancing language and print-concept skills by using interactive storybook reading in kindergarten. Journal of Early Childhood Literacy, 18(4), 545–569. https://doi.org/10.1177/1468798417694482

Puspitasari, N. A., Hidayatullah, S., & Jupri, R. (2019). Revitalisasi Sastra Lisan Melalui Pelatihan Media dan Waktu Mendongeng Bagi Orang Tua dan Guru PAUD / TK Aisyiah Di Jakarta Selatan. Abdinus, 2(2), 115–121.

Sukmanandita, Y. (2020). Peran Pengelola Paud Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Program Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku). Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 129–137.

Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 1–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: