MEASUREMENT OF INTELLIGENCE QUOTIENTS (IQ) TO INCREASE ADOLESCENT SELF-UNDERSTANDING IN KOBEBESA VILLAGE

Erly Oviane Malelak, Benediktus Labre, Arsya A. Huan

Abstract


Sepanjang rentang kehidupan manusia terdapat tugas perkembangan yang perlu dientaskan. Pemahaman diri yang baik membuat individu mengenal kelebihan dan kelemahannya, serta memanfaatkan potensi dirinya dalam mengatasi kelemahan yang menjadi hambatan dalam mencapai tugas perkembangan. Perlu adanya pemahaman akan tingkat intelegensi/IQ. Kobebesa merupakan salah satu desa di kabupaten Timur Tengah Selatan, provinsi NTT dengan akses jalan yang sangat terbatas. Hal ini berdampak bagi remaja ketika bersekolah. Setiap harinya mereka berjalan berkilo-kilo meter dengan letak geografis yang berbukit-bukit untuk mencapai sekolah. Hal ini menjadi tantangan bagi remaja di desa tersebut. Remaja perlu mengenal potensi dirinya dengan baik sehingga mereka dapat melalui tantangan tersebut, serta menjadikannya sebagai motivasi dalam pengembangan diri dan pencapaian kesuksesan. Hal inilah yang melatar belakangi diadakannya kegiatan pengabdian tentang kecerdasan dan pengukuran tes kecerdasan (IQ) pada remaja di desa Kobebesa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Kristen, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang, di desa Kobebesa pada tanggal 2 Desember 2021. Sasaran kegiatan adalah remaja. Berdasarkan hasil tes IQ diketahui kategori Tinggi sebanyak 1 orang (5%), di Atas Rata-rata sebanyak 2 orang (10%), Normal 4 orang (20%), dan Rendah Sekali sebanyak 13 orang (65%). Hasil tes ini menunjukkan bahwa skor IQ dengan kategori Rendah Sekali lebih mendominasi. Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) Hasil tes IQ dapat dijadikan rujukan bagi guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa; 2) Perlu dilakukan kegiatan pengabdian berupa seminar tentang kiat berprestasi sebagai tindak lanjut dari kegiatan pengabdian ini.

Keywords


: tes IQ, kecerdasan, intelegensi, remaja, pemahaman diri

References


Amin, N. S. (2019). Pengaruh Pemahaman Diri Terhadap Sikap Mandiri Siswa Pada Smp Negeri 3 Monta. Guiding World (Bimbingan Dan Konseling), 2(2), 47–55. https://doi.org/10.33627/gw.v2i2.267

Boeree, G.C. (2003). Intelligence and IQ. Shippensburg University in website http://webspace.ship.edu/cgboer/int elligence.html

Gottfredson, L. S. (2004). Intelligence: Is It the Epidemiologists' Elusive "Fundamental Cause" of Social Class Inequalities in Health? Journal of Personality and Social Psychology, 86(1), 174–199. https://doi.org/10.1037/0022-3514.86.1.174.

Gunawan, A. W. (2006). Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Herrnstein, R. J., & Murray, C. A. (1994). The bell curve: Intelligence and class structure in American life. Free Press.

Jahja, Yudrik. (2012). Psikologi Perkembangan. Edisi 2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Coyle, T. R., & Pillow, D. R. (2008). SAT and ACT predict college GPA after removing g. Intelligence, 36(6), 719–729. https://doi.org/10.1016/j.intell.2008.05.001

Kasdu.2004. Gizi Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas.Jakarta: Batavia Press.

Kurniasih, V. W., Fitriyah, F. K., Hidayat, M. T., & Sunanto. (2020). Hubungan Pemahaman Diri Terhadap Rasa Tangung Jawab: Sebuah Survey pada Anak Usia Dini di Kota Surabaya. Child Education Journal, 2(2), 98–105. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1672

Malelak, E. O., & Taneo, J. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Anak-Anak Gifted. Journal of Social Studies, 1(1), 13–24.

Mamangkey, L. A. G., Tewal, B., Trang, I., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual (Iq), Kecerdasan Emosional (Eq), Dan Kecerdasan Sosial (Sq) Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Wilayah Bank Bri Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3208–3217. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21294

NST, N. A. S. (2015). Pengaruh Intelligence Quotient (Iq) terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Bank Rakyat Indonesia Unit Pasir Pengaraian 1 )”. Jurnal Mahasiswa Prodi Manajemen UPP.

Phares, E. J. (1988) Introduction to personality 2nd edition Scott. Foresman and Company, Glenview, IL.

Pratama, A. T. (2015). Hubungan Intelligence Quotient (Iq) Terhadap Capaian Prestasi Belajar Biologi Sma Kota Medan. Biosel: Biology Science and Education, 4(2), 1. https://doi.org/10.33477/bs.v4i2.534

Saputro, Z. khamim. (2017). Aplikasia: Jurnal aplikasi ilmu-ilmu agama ( memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja). Jurnal Aplikasi Ilmu Ilmu Agama, Volume 17(No 1), 25–32.

Sarwono, S. Wirawan. (2002). Psikologi Remaja: Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Thomas R.CoyleDavid R.Pillow. 2008. SAT and ACT predict college GPA after removing g. Intelligence, 36(6), 719–729https://doi.org/10.1016/j.intell.2008.05.001.

Yaumi dan Ibrahim. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yustiana, N., Holilulloh, & Nurmalisa, Y. (2014). Pengaruh Pemahaman Diri Terhadap Kesesuaian Minat Memilih Jurusan. Jurnal Kultur Demokrasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i1.7198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: