THE IMPROVEMENT OF TEACHERS’ CAPABILITIS THROUGH CLOUD-BASED MATHEMATICS APPLICATION

Dwi Nur Yunianti, Raden Sulaiman, Yuliani Puji Astuti, Budi Priyo Prawoto, Rudianto Artiono

Abstract


Penggunaan aplikasi matematika berbasis cloud diperlukan untuk mendukung keefektifan pembelajaran matematika selama masa pandemi Covid-19. Software ini dapat digunakan tidak hanya untuk menggambar grafik, visualisasi suara, menganalisa model bidang 3D tetapi juga dalam menyelesaikan permasalahan terkait kalkulus seperti persamaan kuadrat, turunan dan integral. Berdasarkan wawancara dengan beberapa guru matematika di MTsN 3 Jombang, 70% guru belum pernah menggunakan aplikasi matematika berbasis cloud seperti wolfram cloud. Oleh karena itu mengingat pentingnya kompetensi guru dalam menguasai teknologi pada suatu pembelajaran maka kegiatan pelatihan wolfram cloud ini perlu diadakan. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan, terjadi peningkatan pemahaman tentang konsep persamaan kuadrat dan wolfram cloud yaitu dari rata-rata 41,4 menjadi 76,1. Selain itu, seluruh peserta pelatihan menyatakan kegiatan dapat menambah pemahaman terkait wolfram cloud dengan skor 4.46 (skala 5). Aplikasi matematika berbasis cloud ini dapat digunakan untuk pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) di sekolah dengan skor 4.23 (skala 5).

Keywords


Aplikasi Matematika berbasis Cloud, Wolfram, Pelatihan Guru, TPACK

References


Hidayah, S, 2020, Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, Volum 5 Nomor 1 Maret 2020, Hal 7 – 9

Komalasari, L.I, 2020, Analisis Tingkat Kesulitan Siswa Dalam Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Persamaan Kuadrat.,Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 2020, 139 – 150

Rahmawati, N. D., Nugroho, A. A., & Harun, &. L, 2016, Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Bahan Ajar Wolfram Mathematica Pada Materi Aljabar Linear. Jurnal Euclid, Vol. 6, No. 1, pp. 44. 6(1), 44-52.

Qurrohman, M. Taufik, dkk, 2020, Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa DIII Teknik Mesin dengan Software Wolfram Mathematica. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, No 2, 2020

Shodiqin, A., Zuhri, M. S, 2017, Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sma Berbentuk Tabloid Berbantuan Software Wolfram Mathematica Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Integral. JIPMat, 1(2), 97–103, https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1235

Sunaryo, Y, 2020, Kemampuan representasi matematis melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan software wolfram Mathematica. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, Volume 4 No 1 2020

Surat Edararan Mendikbud nomor 36962/MPK.A/HK/2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19. Diakses pada 20 Mei 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: