PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PADA KELOMPOK SADAR WISATA BASECAMP DESA SANDA PUPUAN TABANAN

I Wayan Widi Karsana, Putu Andhika Kurniawijaya

Abstract


Kelompok Sadar Wisata atau disingkat Pokdarwis adalah kelompok swadaya dan swakarsa berdasarkan inisiatif dari masyarakat yang memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi wisata di daerahnya. Permasalahan yang terjadi pada kelompok sadar wisata Desa Sanda adalah mempromosikan kawasan wisata BASECAMP. Keinginan memiliki publisitas terutama website untuk BASECAMP, namun keterbatasan sumber daya manusia membuat website belum terealisasi sampai saat ini. Selain itu BASECAMP menawarkan WIFI gratis bagi wisatawan yang berkemah sebagai nilai lebih pada kawasan wisata mereka. Namun pada pengelolaannya, Wifi masih belum tersebar di kawasan wisata BASECAMP tersebut. Metode pendekatan yang akan dilakukan dalam kegiatan ini meliputi pendekatan kelompok, pendekatan individual,dan pelatihan. Komponen yang dievaluasi pada kegiatan ini pembuatan website yang akan menjadi sarana publikasi dari BASECAMP Desa Sanda, peningkatan ketrampilan dalam mengelola website, pembuatan jaringan WIFI pada kawasan BASECAMP Desa Sanda, dan peningkatan ketrampilan dalam mengelola jaringan WIFI.

Keywords


desa wisata, kelompok sadar wisata,desa sanda pupuan

References


Triana, M.T. & Turtiantoro. (2019). Pemberdayaan Masyarakat : Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai Motor Penggerak Pariwisata di Daerah Tujuan Wisata (DTW) Guci Kabupaten Tegal. Journal of Politic and Government Studies, 8(2), 181-190.

Cindie,S.F. & Desy Misnawati. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 14(1), 32-41.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: