DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM SOKAN LESTARI DESA HARGOMULYO, KOKAP, KULON PROGO

Arie Kusuma Paksi, Zuhud Rozaki, Dimas Adi Nugroho, Nadhif Fadhlan Musyaffa

Abstract


Desa Hargomulyo memiliki banyak potensi usaha kecil olahan yang selama ini telah dikelola oleh masyarakat. Salah satunya bakso berbahan dasar ikan lele yang dikembangkan melalui UMKM Sokan Lestari sejak tahun 2019. Namun, usaha tersebut masih dikelola secara tradisional dan belum dioptimalisasi melalui pemanfaatan teknologi informasi semacam internet untuk memasarkan produk sekaligus mempermudah para calon konsumen yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut mengenai produk yang ditawarkan. Salah satu keunggulan dari produk bakso ikan lele ini sendiri adalah harganya yang relatif lebih murah dan sehat––karena kandungan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan bakso berbahan dasar daging sapi. Dengan fokus menekankan pada keunggulannya, hal ini bisa menjadi peluang bagi UMKM Sokan Lestari untuk dapat menjual lebih banyak produk yang dihasilkan. Optimalisasi potensi usaha di Desa Hargomulyo, secara bertahap akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan masyarakat beserta perluasan kesempatan kerja. Secara garis besar tulisan ini mengidentifikasi hambatan yang dihadapi terletak pada persoalan branding, pengemasan, dan pemasaran produk. Oleh karena itu, upaya jangka-panjang yang perlu dilakukan meliputi pelatihan dan pendampingan dalam proses branding dan pengemasan serta pengadaan materi terkait media promosi dan penjualan online melalui media sosial arus utama.

Keywords


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Pemasaran Digital, Bakso Ikan Lele

References


Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. 2018. Rencana Strategis Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Accessed March 12, 2021. https://www.kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1602751704_Permen%20KUKM%20Nomor%205%20Tahun%202020%20tentang%20Renstra%20Kementerian%20Koperasi%20dan%20UKM%20Tahun%202020-2024.pdf.

Pemerintah Kalurahan Hargomulyo. 2021. Profil Desa Hargomulyo. http://hargomulyo-kulonprogo.desa.id/index.php/first/profildesa.

Singgih, Mohamad Nur. 2007. "Strategi Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai Refleksi Pembelajaran Krisis Ekonomi Indonesia." Jurnal Ekonomi Modernisasi 3 (3): 218-227.

Winarni, Sri. 2006. "Strategi Pengembangan Usaha Kecil Melalui Peningkatan Aksesibilitas Kredit Perbankan." Infokop Nomor 29 Tahun XXII.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.7609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: