PELATIHAN DONGENG DIALOGIS DENGAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI EMERGEN

Syarif Hidayatullah, Abdul Rahman Jupri, Khusniyati Masykuroh

Abstract


Literasi emergen dapat dikembangkan dengan kegiatan dongeng dialogis. Namun, kemampuan guru dalam hal tersebut masih rendah. Oleh karena itu kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam ekspresi, vokal, dan interaksi. Bahan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian aplikasi cerita rakyat atau cerita anak yang sudah dikembangkan menjadi media digital yang diunduh dari google playstore. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode diskusi dan praktik. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam ekspresi, vokal, dan interaksi telah berkembang dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan perubahan yang signifikan dari penilaian pretes dan postes. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini telah memberikan kesadaran dan kemampuan pada guru untuk mengimplementasikan dongeng dialogis menggunakan media digital. Kegiatan pengabdian ini menyarankan pentingnya pelatihan vokal dalam satu kegiatan khusus dan waktu yang lebih lama agar kemampuan vokal guru berkembang maksimal.

Keywords


dongeng dialogis, media digital, literasi emergen, anak usia dini

References


Clemens, L. F., & Kegel, C. A. T. (2021). Unique contribution of shared book reading on adult-child language interaction. Journal of Child Language, 48(2), 373–386. https://doi.org/10.1017/S0305000920000331

Fisher, D., Flood, J., Lapp, D., & Frey, N. (2004). Interactive Read-Alouds: Is There a Common Set of Implementation Practices? The Reading Teacher, 58(1), 8–17. https://doi.org/10.1598/rt.58.1.1

Fox, M. (2008). Reading magic: Why reading aloud to our children will change their lives forever. Harcourt Books.

Hidayatullah, S., Puspitasari, N. A., Inaku, A. H. R., Jupri, A. R., & Abimubarok, A. (2021). Peningkatan Keterampilan Mendongeng dengan Teknik Read Aloud pada Guru PAUD Aisyah Petukangan Utara. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 424–427.

Kim, S., & Lee, Y. (2016). iStoryBook: An interactive media supporting dialogic reading for children’s reading comprehension. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 11(11), 383–392. https://doi.org/10.14257/ijmue.2016.11.11.35

McGee, L. M., & Schickedanz, J. A. (2007). Repeated Interactive Read-Alouds in Preschool and Kindergarten. The Reading Teacher, 60(8), 742–751. https://doi.org/10.1598/rt.60.8.4

Nevo, E., & Vaknin-Nusbaum, V. (2018). Enhancing language and print-concept skills by using interactive storybook reading in kindergarten. Journal of Early Childhood Literacy, 18(4), 545–569. https://doi.org/10.1177/1468798417694482

Puspitasari, N. A., Hidayatullah, S., & Jupri, A. R. (2018). Keterampilan Mendongeng. PUSTAKA RANGGON.

Puspitasari, N. A., Hidayatullah, S., & Jupri, A. R. (2019). Revitalizing Oral Literature Through Media Training and Time Storytelling for Parents and PAUD/Aisyiah Kindergarten Teachers in South Jakarta. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(2), 115–121.

Towell, J. L., Bartram, L., Morrow, S., & Brown, S. L. (2019). Reading to babies: Exploring the beginnings of literacy. Journal of Early Childhood Literacy. https://doi.org/10.1177/1468798419846199

Wauters, L., & Dirks, E. (2017). Interactive reading with young deaf and hardof-hearing children in ebooks versus print books. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 22(2), 243–252. https://doi.org/10.1093/deafed/enw097

Whitehurst, G. J., Falco, F. L., Lonigan, C. J., Fischel, J. E., DeBaryshe, B. D., Valdez-Menchaca, M. C., & Caulfield, M. (1988). Accelerating Language Development Through Picture Book Reading. In Developmental Psychology (Vol. 24, Issue 4).

Whitehurst, G. J., & Lonigan, C. J. (1998). Child Development and Emergent Literacy. Child Development, 69(3), 848–872.

Wiseman, A. (2011). Interactive Read Alouds: Teachers and Students Constructing Knowledge and Literacy Together. Early Childhood Education Journal, 38(6), 431–438. https://doi.org/10.1007/s10643-010-0426-9

Zaitun, K., Surya, W., Mahendra, B., & Saputra, D. (2016). Pelatihan Mendongeng dan Bercerita Bagi Pelajar dan Guru Se-Bukittinggi. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: