PENGEMBANGAN KESADARAN BUDAYA BACA TULIS AL-QUR’AN DI KALANGAN IBU-IBU PERUMAHAN GRAHA TIRTO ASRI DESA TANJUNG KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN

Abdul Khobir, Nur Khasanah, Sopiah Sopiah, Muhammad Maskur Musa, Kunduri Kunduri

Abstract


Mempelajari Al-Qur'an sangat penting bagi umat Islam di mana pun untuk menjalani kehidupan yang memuaskan. Ilmu ini adalah kunci yang membuka ilmu-ilmu keislaman lainnya. Seseorang dapat belajar lebih banyak tentang ilmu Islam, termasuk bab-babnya tentang aqidah, ibadah, moral, dan agama, melalui membaca, menulis, dan memahami Al-Qur'an saat dipelajari. Pengabdian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kesadaran budaya baca tulis Al-Qur’an di kalangan ibu-ibu perumahan Graha Tirto Asri. Metode yang digunakan ceramah, pengajaran langsung/demonstrasi, praktik (hands-on learning) dan tanya jawab. Hasil pengabdian ini menjelaskan bahwa pelatihan ini menjadikan sebuah perubahan-perubahan, perubahan langsung, seperti orang yang sebelumnya tidak tahu Al-Qur'an menjadi akrab dengannya, mereka yang sebelumnya tidak bisa membaca Al-Qur'an akhirnya bisa melakukannya, dan orang yang sebelumnya tidak tahu huruf-huruf abjad menjadi tahu, makharijul menjadi akrab dengan huruf makharijul, membantu mereka yang kesulitan membaca Al-Qur'an untuk melakukannya. Serta membantu orang-orang yang sebelumnya tidak mengetahui panjang pendeknya bacaan Al-Qur'an menjadi sadar, dan mereka membantu orang-orang yang sebelumnya tidak mengetahui bacaan wakaf (tempat untuk berhenti membaca Al-Qur'an). 'an) untuk menyadarinya. Sementara itu, untuk perubahan tidak langsung, seperti hati Ibu-ibu yang membaca al-Qur’an menjadi lebih tenang, keluarganya lebih bagus, dan bisa memberi contoh pada anak-anak dan keluarganya untuk membiasakan membaca al-Qur’an di rumah sehingga tumbuh energi positif dari dalam diri ibu-ibu yang membiasakan membaca al-Qur’an dan berpengaruh terhadap keluarganya.

Keywords


Awareness Development, Al-Qur'an Reading and Writing, Among Mothers

References


Chandra, R. (2022). Literasi Al- Qur’an Melalui Kegiatan NGAOS (Ngaji On The School) Untuk Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Al- Qur’an pada Siswa SD N 1 Panca Marga. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 229–238.

Handoyo, T., Chonitsa, A., Amalia, A. R., Salamah, S., & Priyatun, I. (2022). Pendampingan Pembelajaran Metode Qiro ’ ati Bagi Anak-Anak Pondok Alif Lam Mim. JOONG-KI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–21.

Liansyah, A. F., & Achadianingsih, N. (2020). Penggunaan Metode Ummi Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Ibu Rumah Tangga. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 181. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3336

Ma’mun, M. A. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Muhammad. Annaba : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 53–62.

Yenni Agustina, Moh. Afifulloh, I. S. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Minat Baca Tulis Al-Qur’an Di SMKN 4 Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(3), 124–130.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: