SOSIALISASI PENGGUNAAN LITERASI DIGITAL DALAM MEMASARKAN PRODUK UKM DI DESA SEMANGUS KECAMATAN MUARA LAKITAN KABUPATEN MUSIRAWAS

Yohanes Susanto, Muhammad Effendi, M. Bambang Purwanto, Irwan Pancasila

Abstract


Salah satu kepedulian insan kampus terhadap pemulihan ekonomi masyarakat adalah upaya memberikan edukasi upaya peningkatan kualitas produk ukm dan upaya memasarkan hasil produk dimaksud, salah satu upaya yang dilakukan oleh universitas bina insan lubuklinggau Sumatera selatan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, telah melakukan sosialisasi kepada ukm di desa semangus kecamtan muara lakitan kabupaten musirawas, dalam penggunaan literasi digital guna memasarkan produk hasil kerajian ukm, literasi ini diupayakan dapat digunakan sebagai media untuk memasarkan produk ukm di desa tersebut. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, masyarakata dapat menstransfortasi ke digital bisnis untuk mendapatkan lebih banyak potensi perluasan jangkauan pemasaran dan lebih besar potensi pendapatan yang akan diterima, selain itu di sosialisasikan juga pentingnya deversifikasi dan inovasi produk yang dapat menarik minat konsumen, sehingga dapat bertahan di tengah persaingan bisnis digital, selain itu dengan adanya sinergi antara insan kampus dan para ukm diharapkan para insan kampus dapat menerapkan ilmu pengetahuannya membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menegah sesuai dengan keahliannya masing-masing dalam hal ini meghasilkan  perangkat lunak digital sebagai media promosi produk ukm

Keywords


Literasi digitasl, produk ukm, sinergi kampus dan masyarakat

References


Amiruddin, A. (2018). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Binaan Dinas Perdagangan Kota Surabaya Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan. Repositori Universitas Airlangga. Universitas Airlangga. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/id/eprint/74542

Amindoni, A. (2020, March 30). Virus corona: Pendapatan usaha kecil “pupus” akibat covid 19, pemerintah siapkan bantuan sosial untuk pekerja harian. BBC News Indonesia. Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52059235

Curatman, A., Rahmadi, Maulany, S., & Ikhsani, M. M. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Logika, 18(3), 61–75

Hartini, S. (2012). Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.9744/jmk.14.1.83-90

Haryanti, M. D., & Hidayah, I. (2018, July). Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar. UKMIndonesia.Id, 1. https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/62

Haryono, T., & Marniyati, S. (2018). Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 17(2), 51.

Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). International Journal of Science and Engineering Invention The Influence of Market Orientation and Product Innovation on the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (UKM) Performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 04(19–21), 8–21

Katawetawaraks, C. & Cheng, L. W. (2014). Online shopper behavior: Influences of online shopping decision. Asian Journal of Business Research.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2014, Principles of Marketing, 10th Edition, Pearson Education Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Paramita, C. (2015). Pengaruh Kompetensi Individu, Orientasi Kewirausahaan dan Pesaing dalam Mencapai Keunggulan Bersaing Melalui Kualitas Produk Studi pada UKM Furnitur di Kota Semarang. In DeReMa (Development Research of Management) Jurnal Manajemen(Vol. 10, Issue 1, pp. 124–137)

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Rulandari, N., Rahmawati, N. F., & Nurbaiti, D. (2020, July). Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal. In Prosiding Seminar STIAMI (Vol. 7, No. 2, pp. 21-28).

Safitri, Indri (2020). “Peluang, Tantangan dan strategi pengembangan UMKM di Indonesia pada Masa Pendemi Covid 19”.Skripsi, pendidikan ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Setiawan, H. A., & Feranita, N. V. (2018). Peran keunggulan bersaing dalam memediassi dampakorientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 18(1), 54–70.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: