OPTIMALISASI DAN PENGEMBANGAN PRODUK UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING

iwan Setiawan

Abstract


Digital marketing pada UMKM yang ada di desa Sindangrasa Banjaranyar sudah menjadi komponen penting dalam menghadapi persaingan global. Akan tetapi, permasalahan yang ada pada pelaku UMKM desa Sindangrasa adalah belum optimalnya dalam penggunaan digital marketing, hal ini disebabkan belum memahami sepenuhnya tentang digital marketing. Melihat fenomena ini maka pengabdi mencari informasi yang sebenarnya tentang masalah yang dihadapi para UMKM Sindangrasa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode seminar, dimana para pelaku menghadiri gedung pertemuan untuk melakukan diskusi tentang digital marketing sebagai upaya untuk optimalisasi dan pengembangan produk UMKM. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah tersampaikannya materi digital marketing dengan harapan tujuan memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM di desa Sindangrasa tercapai. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi yang dilakukan oleh panitia KKN dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta terkait dengan digital marketing dalam optimalisasi dan pengembangan produk UMKM. Pengabdian ini memberikan kesimpulan bahwa permasalahan umum yang dihadapi UMKM perlu kiranya ada dorongan dan bantuan dari pihak pemerintah, sedangkan tujuan untuk pemahaman digital marketing yang tekait pemasaran, para pelaku memahami tentang digital marketing. Akan tetapi dengan keterbatasan waktu, pengabdi memberikan saran perlunya ada tindak lanjut untuk melakukan kegiatan pembuatan media pemasaran para pelaku usaha yang ada di Desa Sindangrasa Banjaranyar Kabupaten Ciamis.

Keywords


Optimalisasi, Digital Marketing, Pengembangan produk, UMKM

References


Barnes, D., Clear, F., Harindranath, G., Dyerson, R., Harris, L. and Rea, A. (2012), “Web 2.0 and micro-businesses: an exploratory investigation”, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 19 No. 4, pp. 687-711

Bordonaba-Juste, V., Lucia-Palacios, L. and Polo-Redondo, Y. (2012), “The influence of organizational factors on e-business use: analysis of firm size”, Marketing Intelligence & Planning, Vol. 30 No. 2, pp. 212-229

Eriksson, L., Hultman, J. and Naldi, L. (2008), “Small business e-commerce development in Sweden – an empirical survey”, Journal of Small Business and Enterprise Development, Vol. 15 No. 3, pp. 555-570.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson

Rahayu, Gita,(2009) Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Audio Sony (Survei pada Konsumen di Toko Aneka Irama Jalan ABC Bandung). Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, Vol. 9 Nomor 2 tahun 2009. DOI: https://doi.org/10.17509/strategic.v9i2.1063

Rogers, Everett M. 1995. Diffusion of Innovations (Fourth Edition). The Free Press. New York

Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 633–651. doi:10.1108/jsbed-05-2013-0073




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.8683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: