PEMANFAATAN LIMBAH BOTOL BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN AQUAPONIK SAYURAN DI KAMPUNG JAWA KABUPATEN REJANG LEBONG, BENGKULU

Prayoga Gumilar Geri Winarno, Eka Puspita, Septya Eka Prasetia Rani, Neti Sumarni, Sadisman Hadi

Abstract


Hidroponik dengan sistem aquaponik merupakan upaya pemberdayaan lahan sempit perkotaan dalam menghasilkan produk sayuran dan perikanan dalam satu wadah dan satu kali tahapan proses budidaya. Pemanfaatan limbah botol bekas di sekitar Kampung Jawa sebagai bahan pembuatan instalasi hidroponik akan mengurangi beberapa masalah pelik sampah perkotaan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta menjadi solusi permasalahan sampah di lokasi tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan bulan Juni hingga Oktober 2022 yang diikuti oleh ibu-ibu PKK dan sebagian masyarakat Kampung Jawa. Kegiatan ini dilakukan dengan sosialisasi sekaligus praktik langsung bersama peserta pengabdian. Berdasarkan hasil pengabdian, para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi dan sangat gembira dengan adanya pelatihan hidroponik tersebut. Selain dapat menambah wawasan dan keterampilan, kegiatan ini dianggap dapat menjadi solusi dalam menggunakan mengelola limbah anorganik yang selama ini menjadi masalah untuk lingkungan Kampung Jawa.

Keywords


akuaponik, botol bekas, hidroponik

References


Prama H, Nazarul S, Erlangga. 2014. Teknologi Akuaponik Dengan Tanaman Yang Berbeda Terhadap Performa Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) (Skripsi). Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian: Universitas Malikussaleh.

R. Jannah, B.T. Eddy dan T. Dalmiyatun, 2017 Alih Fungsi Lahan Pertanian dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Penduduk di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. Vol 1 No 1 PP 1-10.

Yuli Puspita S. 2018. Pola Komunikasi Antar Budaya di Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong. Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Usuluddin dan Adab Dakwah: IAIN Curup.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.8694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: