PENGEMBANGAN UMKM MELALUI PELATIHAN E–COMMERCE DI KABUPATEN BADUNG

Ni Ketut Yuliani Pramesti, I Putu Dharmawan Pradhana

Abstract


Data dari Kemenkopukm (Kementerian Koperasi dan UKM) menunjukan bahwa 1.785 koperasi dan 163.713 pelaku UMKM telah mengalami dampak dari pandemi (Kementerian Komunikasi dan Informatika, n.d.). Kebanyakan yang terdampak adalah sektor UMKM yang bergerak pada bidang kebutuhan sehari-hari. Hal ini merupakan permasalahan yang penting bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya. Peran dari UMKM sangatlah penting dalam perekonomian Negara, sekaligus memiliki paling banyak menyerap lapangan pekerjaan, serta relatif tahan terhadap krisis keuangan. UMKM di Kabupaten Badung ini sebagian masih menggunakan cara pemasaran secara konvensional dengan pemasaran dari mulut ke mulut, sehingga dibutuhkan pemasaran produk yang baik dengan strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat berkembang pemasarannya. Dalam mengembangkan serta meningkatkan penjualan UMKM di Badung, kami mengadakan pelatihan e-commerce di Kabupaten Badung. Pelatihan e-commerce bagi UMKM bertujuan untuk memperluas jangkauan pemasaran produk pelaku UMKM melalui e-commerce mengingat pasarnya sangat menjanjikan dan besar. Tujuan dari laporan ini memperoleh pengalaman dan perluasan terhadap ilmu-ilmu di tempat Kerja Praktek Lapangan yang belum dikenal oleh mahasiswa/I, dan mengetahui tujuan diadakannya pelatihan e-commerce yang dilakukan bagi para UMKM di Kabupaten Badung.

Keywords


UMKM, Pelatihan, E–commerce, Pemasaran.

References


Admin Koperasi. Kriteria Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Menurut Uu No. 20 Tahun 2008 Tentang Umkm. Kulon Progo. Diakses pada https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/113/kriteria-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-menurut-uu-no-20-tahun-2008-tentang-umkm#:~:text=Berita%20Terbaru-,KRITERIA%20USAHA%20MIKRO%2C%20KECIL%20DAN%20MENENGAH%20MENURUT%20UU%20NO,20%20TAHUN%202008%20TENTANG%20UMKM&text=Usaha%20Mikro%20adalah%20usaha%20produktif,diatur%20dalam%20Undang%2DUndang%20ini.

Anonim. 2020. 5 E-commerce Indonesia Paling Banyak Dikunjungi Menurut Data. Jakarta. Diakses pada https://info.populix.co/articles/ecommerce-indonesia/

Diskopukmp. 29 Jun 2021. Materi Pelatihan UMKM. Badung. Diakses pada https://diskopukmp.badungkab.go.id/materi-pelatihan-ukm

Emilia Dewiwati Pelipa & Anna Marganingsih. (2020). PELATIHAN E-COMMERCE UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA SINTANG. Jurnal STKIP Persada: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 3 Nomor 2. file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/900-3067-1-PB.pdf

Husen Mulachela. 25 Agustus 2021. UMKM Adalah: Ciri, Peran, dan Faktor Perkembangannya. Diakses pada https://katadata.co.id/sortatobing/finansial/6125bb463f83b/umkm-adalah-ciri-peran-dan-faktor-perkembangannya

Mekari. 2022. Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing. Jakarta. Diakses pada https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/#Apa_Itu_Digital_Marketing_DM

Setda. 20 Juni 2022. Diskop UKM dan Perdagangan Adakan Pelatihan E-Commerce Untuk Usaha Mikro Di Kabupaten Badung. Badung. Diakses pada https://setda.badungkab.go.id/berita/42182-diskop-ukm-dan-perdagangan-adakan-pelatihan-e-commerce-untuk-usaha-mikro-di-kabupaten-badung

Sugianto , Ullya Vidriza & Nani Ariani. (2022). Pelatihan E-Commerce Dan Social Media Bagi Pelaku UMKM Desa Bojongcae, Lebak, Banten Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS. No 1 Vol 5. file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/1602-Article%20Text-2598-1-10-20211031%20(1).pdf

Tim Penulis Daya. 21 September 2021. Mengenal Pengertian Target Pasar dan dan Manfaat Untuk Bisnis. Diakses pada https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/keuangan/mengenal-pengertian-target-pasar-dan-manfaat-untuk-bisnis

Utami Mizani Putri & Fathiyah Nopriani. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Ecommerce Sebagai Strategi Pemasaran Di Masa Pandemi. SEMBADHA: Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 02. file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/1482-Article%20Text-6258-1-10-20220104.pdf

Wahyudi Sigit. 2015. PKL Bab 1 . Diakses pada https://www.slideshare.net/wsigit2/pkl-bab-1

Yandi M. Rofiyandi. 14 Juni 2022. Pengertian Omzet, Bedanya dengan Profit, dan Tips Menggenjot Omzet. Diakses pada https://katadata.co.id/redaksi/ekonopedia/62a7cd1b0f97c/pengertian-omzet-bedanya-dengan-profit-dan-tips-menggenjot-omzet#:~:text=Menurut%20Kamus%20Besar%20Bahasa%20Indonesia,dari%20penjualan%20barang%20atau%20jasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.8699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: