PSIKOEDUKASI LITERASI KESEHATAN MENTAL PONDOK PESANTREN AL’ATSAR QURANIC CATURHARJO, PANDAK, BANTUL. DI.YOGYAKARTA

Dewi Yuniasih, Herlina Siwi Widiana, Annisa Furqon Iriyanti, Abdul Karim Amirullah, Suhendra Suhendra

Abstract


Rendahnya literasi kesehatan mental dapat menyebabkan rendahnya kemampuan mengenali problem kesehatan mental, timbulnya keyakinan dan sikap yang tidak tepat terhadap problem kesehatan mental, serta kurang tepatnya perilaku dalam mencari bantuan yang dibutuhkan. Pengabdian dengan tema psikoedukasi literasi  kesehatan mental bagi para santri mempunyai tujuan agar para santri  memiliki kemampuan mengenali problem kesehatan mental, memiliki keyakinan dan sikap yang tepat terkait problem kesehatan mental, dan mengubah pola saat mencari bantuan untuk problem kesehatan mental. Metode yang digunakan di Pondok pesantren Al’atsar Quranic Caturharjo, Pandak, Bantul. DI.Yogyakarta terdiri atas pretest, presentasi/ceramah tentang kesehatan mental, diskusi dan konsultasi psikologis para santri, dan diakhiri postest. Hasil rata-rata pretest sebesar 10,885, sedangkan rata-rata posttest menunjukkan skor sebesar 14,395. Hal ini menunjukkan kegiatan psikoedukasi yang bertujuan untuk meningkatkan literasi kesehatan mental pada santri tercapai, dilihat dari kenaikan angka postest dibandingkan dengan nilai pretest.

Keywords


Kesehatan mental; Literasi; Psikoedukasi; Psikologis; Santr

References


Mahad Alatsar. kurikulum [Internet]. Available from: https://mahadalatsar.com/kurikulum/

Nazaruddin AN. Tingkat depresi pada santri di pondok pesantren x, Bogor: peran faktor jenis kelamin, usia dan kelas 2017. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017;

RI K. PERAN KELUARGA DUKUNG KESEHATAN JIWA MASYARAKAT [Internet]. 2016. Available from: https://www.kemkes.go.id/article/print/16100700005/peran-keluarga-dukung-kesehatan-jiwa-masyarakat.html

ESAUGM. Darurat Kesehatan Mental bagi Remaja [Internet]. 2020. Available from: https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/11/27/darurat-kesehatan-mental-bagi-remaja/

Kamiliyah H, Ervina I. Perbedaan Kemandirian Remaja yang Tinggal di Pesantren dengan Remaja yang Tinggal di Rumah. Insight J Pemikir dan Penelit Psikol. 2015;11(1).

Wahab S, Rahman FNA, Wan Hasan WMH, Zamani IZ, Arbaiei NC, Khor SL, et al. Stressors in secondary boarding school students: Association with stress, anxiety and depressive symptoms. Asia‐Pacific Psychiatry. 2013;5:82–9.

Adawiyah W. Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (Seft) Untuk Menurunkan Tingkat Stres Akademik Pada Siswa Menengah Atas Di Pondok Pesantren. J Ilm Psikol Terap. 2016;4(2):228–45.

Saputra, N.E., &Safaria T. Manajemen Emosi : Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Grafika, B. Jakarta. Sinar Offset; 2012.

Syafitri DU, Wijayanti N. Pentingnya Literasi Kesehatan Mental Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Importance Of Mental Health Literacy As The Effort To Improve Society’s Life Quality.

cpmh. Literasi Kesehatan Mental di Masyarakat, Apa Urgensinya? [Internet]. 2020. Available from: https://cpmh.psikologi.ugm.ac.id/2020/09/29/literasi-kesehatan-mental-di-masyarakat-apa-urgensinya/




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/ag.v5i1.8771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________________________________

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Universitas Galuh

Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274

Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787

Email: abdimasgaluh@gmail.com

 

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Atribution ShareAlike 4.0 Internasional License

____________________________________________________________________________

Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat diindeks oleh: